Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Megawati Isyaratkan Lengser

Pada Kongres PDIP 2010 Mendatang

Senin, 20 Juli 2009 – 08:21 WIB
Megawati Isyaratkan Lengser - JPNN.COM
MEGAWATI SOEKARNO PUTRI. Pada Kongres 2010 Mendatang, Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri sudah mengisyaratkan akan mundur. Sebagai proses regenerasi di partai berlambang banteng gemuk itu. Foto : dok JP
  JAKARTA - Bila tak ada aral melintang, PDIP akan menggelar kongres pada 2010. Di forum tertinggi itu ditentukan siapa yang akan menjadi nakhoda moncong putih lima tahun ke depan. Sinyal Mega bakal memberikan kesempatan kepada generasi muda sudah muncul. Ketua Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Budiman Sudjatmiko secara terbuka menduga Megawati akan mengakhiri jabatan ketua umum melalui kongres itu.  Menurut Budiman, berkali-kali dalam berbagai kesempatan Megawati mengatakan perlu adanya regenerasi di partai. Isyarat itu, ungkap Budiman, sudah didengar sejak 2006.

 

"Kalau Ibu Mega masih mau memperpanjang lagi (menjadi Ketum PDIP, Red), nggak mungkin beliau ngomong soal regenerasi. Tunggu saja pada 2014 atau 2015," kata Budiman kepada Jawa Pos di Jakarta kemarin (19/7).Menurut Budiman, regenerasi pasti terjadi sejalan dengan hukum alam. "Seperti terbit dan terbenamnya matahari, proses muda menjadi tua, atau anak kecil tumbuh menjadi besar," ujar aktivis yang pernah di penjara pada era Orba itu.

 

Megawati, jelas Budiman, memahami proses regenerasi itu bagian dari keharusan sejarah, alam, dan dinamika masyarakat yang sudah tak terhindarkan. Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP Taufiq Kiemas juga pernah mengatakan, kalau mau punya "napas panjang", organisasi harus digerakkan orang-orang muda.

 

"Tapi, pembicaraan soal ini tentu harus di kongres. Tidak bisa kasak-kusuk. Tidak gentlemen itu namanya," kata Budiman.Menurut dia, regenerasi kepemimpinan bukan sekadar "ganti kulit" atau orang. Namun, harus ada transfer nilai dan pemahaman perjuangan. Artinya, harus dibarengi proses kaderisasi. Karena itu, regenerasi parpol tidak boleh didasarkan kepada ikatan darah biru atau sentimen anggota keluarga politik terkenal. "AD/ART membuka kesempatan bagi siapa pun yang bisa memenuhi syarat-syarat ideologi dan administrasi," tandasnya.

 

  JAKARTA - Bila tak ada aral melintang, PDIP akan menggelar kongres pada 2010. Di forum tertinggi itu ditentukan siapa yang akan menjadi nakhoda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA