Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Megawati: Perjuangan Memerdekakan Indonesia Berawal dari Desa

Minggu, 19 Maret 2023 – 18:19 WIB
Megawati: Perjuangan Memerdekakan Indonesia Berawal dari Desa - JPNN.COM
Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri dalam Peringatan Sembilan Tahun UU Desa di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (19/3/2023). ANTARA/HO-Humas PDI Perjuangan

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Megawati Soekarnoputri mengatakan perjuangan memerdekakan Indonesia sebenarnya berawal dari desa.

Dia mengatakan memberikan sambutan dalam acara Peringatan Tahun Kesembilan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Minggu (19/3).

"Perjuangan itu datangnya dari orang-orang yang berada di desa. Itu bener, loh. Kalau tidak percaya, cari di buku sejarah," kata Presiden kelima RI itu dalam sambutannya, Minggu.

Megawati mengatakan perjuangan para pendahulu untuk memerdekakan Indonesia kini bisa dilanjutkan dengan menjaga persatuan antarsesama para warga desa.

Menurutnya, persatuan bisa dilakukan melalui berembuk dalam menyelesaikan perbedaan. Sebab, hal itu menjadi cara yang diajarkan Pancasila.

"Tolong dipikirkan, kalian berembuk, itu kearifan lokal, itu namanya kearifan lokal, itu namanya gotong royong, itu namanya Pancasila, yaitu musyawarah untuk mufakat," kata Megawati.

Wapres kedelapan RI itu mengingatkan cara menyelesaikan perbedaan dengan Pancasila tidak boleh hilang agar desa tidak mudah disetir pihak lain. 

"Itu kekuatan desa, kalau enggak ada lagi hal itu, kalian akan dijadikan seperti wayang," ujarnya. (ast/jpnn)

Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menyebut kelompok yang memperjuangkan kemerdekaan bagi Indonesia berawal dari desa.

Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close