Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Melalui CRI, PT PP Rampungkan Pembangunan Prasarana Perkeretaapian di Sulsel

Kamis, 30 Maret 2023 – 12:08 WIB
Melalui CRI, PT PP Rampungkan Pembangunan Prasarana Perkeretaapian di Sulsel - JPNN.COM
Presiden Jokowi meresmikan Jalur Kereta Api Pertama di Sulsel, yang dikelola oleh entitas asosiasi PT PP. Foto dok PT PP

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - PT PP (Persero) Tbk melalui entitas asosiasinya, yaitu PT Celebes Railway Indonesia (CRI) berhasil menuntaskan pembangunan fasilitas Kereta Api Makassar Parepare di Provinsi Sulawesi Selatan.

Proyek pembangunan prasarana perkeretaapian tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, yang ditandai secara simbolis melalui prosesi penarikan tuas kereta api dan penandatanganan prasasti di lokasi Depo Kereta Api Maros pada Rabu (29/3).

Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad menjelaskan CRI yang didirikan pada 2019 merupakan salah satu portofolio investasi menarik yang dimiliki oleh PT PP.

CRI merupakan entitas asosiasi PT PP yang bergerak di bidang usaha penyelenggaraan prasarana perkeretaapian.

Dalam konsorsium tersebut, PT PP memiliki porsi kepemilikan saham mayoritas sebesar 47,81% sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Bumi Karsa sebesar 25,31%, PT CCCEI sebesar 22,50%, dan PT Iroda Mitra sebesar 4,38%.

Kereta Api Makassar–Parepare secara keseluruhan memiliki lintasan rel sepanjang 142 kilometer dan terdiri dari 14 stasiun kereta. CRI berperan dalam mengembangkan lintasan rel sepanjang 16,3 kilometer.

Sampai saat ini, CRI telah mengelola lintasan rel kereta sepanjang 77 kilometer beserta tujuh stasiun kereta yang telah beroperasi sejak Oktober 2022 lalu.

"Selain sebagai investor, PT PP juga berperan sebagai kontraktor dalam pembangunan Depo Stasiun Maros dan pembangunan Prasarana Perkeretaapian Umum Makassar–Parepare pada segmen F arah Tonasa dan emplasemen Garongkong dengan area terintegrasi," ujar Novel.

Selain sebagai investor, PT PP juga berperan sebagai kontraktor dalam pembangunan Depo Stasiun Maros dan pembangunan Prasarana Perkeretaapian Umum Makassar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close