Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Memahami Kaki untuk Tahu Kondisi Kesehatan Anda

Sabtu, 22 Februari 2014 – 23:12 WIB
Memahami Kaki untuk Tahu Kondisi Kesehatan Anda - JPNN.COM

jpnn.com - TEKANAN darah atau suhu tubuh menjadi salah satu indikator untuk melihat kondisi tubuh anda. Lalu bagaimana dengan kondisi kaki? Ternyata, kesehatan seseorang juga bisa dilihat dari keadaan kakinya.

"Kaki adalah bagian pertama yang akan terpengaruh jika ada masalah pada tubuh terutama yang berkaitan dengan saraf," kata Carolyn McAloon, DPM, ahli penyakit kaki di Bay Area dan presiden California Podiatric Medication Association,  seperti dilansir laman Shine.Yahoo.

Karena itu, ada baiknya mengenali keadaan kaki untuk mengetahui seberapa sehat anda. Apa saja tanda-tandanya?

1. Bulu di kaki rontok

Berhati-hatilah jika kaki terutama di ibu jari terasa sakit saat anda menggunakan alas kaki seperti sandal jepit. Sebab, di bagian itulah terdapat banyak bulu kaki.

Tapi hati-hati, bulu yang mudah rontok bisa jadi indikasi aliran darah ke kaki tidak lancar. Oleh karena itu saat periksa ke dokter, mintalah dokter mengecek denyut nadi di kaki. Jika tidak normal, bisa saja ada masalah di liver, dimana liver tidak bisa memompa darah dengan baik.

2. Sering kram

Masalah sirkulasi dan saraf bisa menyebabkan kaki kram. Meskipun kekurangan gizi juga bisa jadi penyebabnya. Jika berolahraga, pastikan anda tidak dehidrasi karena dehidrasi juga bisa mengakibatkan otot kram. Selain itu, cobalah mengkonsumsi asupan tinggi kalium, magnesium, dam kalsium.

TEKANAN darah atau suhu tubuh menjadi salah satu indikator untuk melihat kondisi tubuh anda. Lalu bagaimana dengan kondisi kaki? Ternyata, kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA