Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Membaca Simbol-Simbol Politik, ke Mana Arah Dukungan Jokowi?

Kamis, 20 Juli 2023 – 16:47 WIB
Membaca Simbol-Simbol Politik, ke Mana Arah Dukungan Jokowi? - JPNN.COM
Sikap politik Presiden Joko Widodo menjelang Pilpres 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Publik sampai saat ini masih mempertanyakan dukungan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Pilpres 2024.

Jokowi dinilai acapkali memainkan politik simbol sehingga publik memberi tafsir beragam.

Jokowi sering bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Di sisi lain, dia menghadiri momen-momen penting PDI Perjuangan dan bacapres Ganjar Pranowo. Lalu, siapakah yang didukung Jokowi pada Pilpres 2024, Prabowo atau Ganjar?

Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai membaca politik simbol Jokowi tidaklah sulit.

Dia mengatakan, seseorang yang punya homogenitas, kesamaan pandang dan berjuang dengan partai yang sama, perjuangan politik dan ideologi politik yang sama, pasti akan memberikan dukungan kepada orang yang sama.

"Bukankah Pak Prabowo berbeda partai dengan Pak Jokowi?" kata Emrus.

Emrus mengingatkan saat PDI Perjuangan mengumumkan Ganjar sebagai bakal calon presiden, Jokowi datang langsung dari Solo langsung. Emrus memaknai itu sebagai dukungan penuh Jokowi kepada Ganjar.

Sedangkan kebersamaan Jokowi dan Prabowo konteksnya lebih kepada hubungan antara Presiden dengan menteri. Kubu Prabowo cerdik. Mereka memanfaatkan simbol itu, mengkapitalisasi dengan menebarkan foto Jokowi-Prabowo di mana-mana.

Jokowi sering terlihat bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Di sisi lain, dia menghadiri momen-momen penting PDI Perjuangan dan bacapres Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close