Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Membludaknya Urbanisasi Sudah Diantisipasi

Kamis, 23 Agustus 2012 – 20:12 WIB
Membludaknya Urbanisasi Sudah Diantisipasi - JPNN.COM
JAKARTA--Pemerintah menyatakan siap untuk mengantisipasi membludaknya urbanisasi, yang biasanya mendompleng pemudik usai lebaran di kampung, seperti kerabat, keluarga, atau teman/tetangga terdekat. Para pelaku urbanisasi ini umumnya ingin mendapatkan penghidupan yang lebih layak dengan mendapatkan pekerjaan di perkotaan.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, sebagaian besar pendatang baru tersebut tidak dibekali keterampilan dan keahlian yang cukup untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Akibatnya, urbanisasi dapat menimbulkan gejolak sosial dan ancaman pengangguran yang tinggi di  perkotaan termasuk  Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Problem rutin kita setiap paska mudik adalah meningkatnya jumlah arus balik sekaligus pengikut baru dalam arti urbanisasi.  Pendatang baru tanpa keterampilan nekat berangkat ke kota-kota besar di tanah air. Alhamdulillah dari tahun ke tahun sebetulnya menurun tapi kita khawatir kalau terus menerus terjadi. Urbanisasi akan menimbulkan gejolak sosial dan ancaman pengangguran yang tinggi di perkotaan," terang Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Kamis (23/8).

Untuk mengantisipas hal tersebut, lanjut Muhaimin, pemerintah telah menyiapkan tiga langkah solusi dalam mengatasi masalah yang timbul akibat urbanisasi pascamudik lebaran.

JAKARTA--Pemerintah menyatakan siap untuk mengantisipasi membludaknya urbanisasi, yang biasanya mendompleng pemudik usai lebaran di kampung, seperti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA