Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ajak UMKM Maksimalkan Pemasaran di Bisnis Online

Jumat, 23 November 2018 – 09:49 WIB
Menaker Ajak UMKM Maksimalkan Pemasaran di Bisnis Online - JPNN.COM
Menaker Hanif Dhakiri saat menghadiri Diskusi Tempo Economic Briefing bertajuk "Meningkatkan Daya Saing Indonesia Dengan Revolusi Industri 4.0" di Jakarta, Kamis (15/11). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, SERPONG - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri meminta kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berinovasi dengan menciptakan dan memperkuat marketplace berbasis online (pasar online), untuk mendukung pemasaran produk-produk UMKM.

"Era revolusi industri 4.0 ini harus disiasati. UMKM harus berinovasi dengan mendorong tumbuhnya marketplace baru yang bisa menjadi tempat untuk berjualan dan memaksimalkan pemasaran dari produk-produk UMKM," kata Menteri Hanif di acara Pesta Retail Nasional yang diselenggarakan PT HM Sampoerna di Serpong, Tangerang, Kamis (22/11) malam.

Hanif mengatakan, pemerintah terus mendorong UMKM agar semakin inovatif dalam proses produksi, pengemasan distribusi, dan marketingnya dengan memanfaatkan bisnis online yang makin berkembang saat ini.

"Peluang bisnis di pasar online masih sangat terbuka luas bagi pelaku UMKM. Hal ini harus dimanfaatkan untuk memperluas jaringan distribusi dan pemasaran sehinga bisnis UMKM semakin menguntungkan," ujar Hanif.

Bahkan ke depannya, lanjut Hanif, penggunaan platform-platform atau aplikasi yang berbasis digital menjadi sangat penting dipergunakan oleh pelaku UMKM agar bisnisnya terus maju dan membesar. Dia juga ingin aplikasi yang mendukung marketplace baru bagi UMKM yang muncul murni buatan orang Indonesia.

"Platformnya harus diisi produk kita. Jangan sampai platformnya bagus dan besar tapi isinya produk orang lain, uangnya juga, uang orang lain. Saya ingin kalau punya marketplace yang besar, uangnya milik Indonesia, produknya milik Indonesia," tuturnya.

Hanif mengungkapkan, perekonomian Indonesia didominasi oleh UMKM. Namun, kontribusi UMKM terhadap perekonomian negara masih kecil. Pasalnya, sebagian besar UMKM masih dikelola secara informal dan tradisional.

"Tantangan kita ke depan harus memastikan agar terjadi transformasi UMKM dari ekonomi informal menjadi ekonomi formal sehingga sumbangannya terhadap peningkatan kesejahteraan dan ekonomi nasional semakin besar," ujar Hanif.

Menaker M Hanif Dhakiri meminta kepada pelaku UMKM berinovasi dengan menciptakan dan memperkuat marketplace berbasis online (pasar online).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close