Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ida Beberkan Strategi BLK Maritim Secara Revolusioner

Rabu, 18 Oktober 2023 – 15:55 WIB
Menaker Ida Beberkan Strategi BLK Maritim Secara Revolusioner - JPNN.COM
Kemnaker menyambut positif Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di tiga lokasi, yakni Balai Besar Pelatihan Vokasi. Foto: Kemnaker

jpnn.com, SERANG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyambut positif Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di tiga lokasi, yakni Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan, BBPVP Serang, dan BBPVP Makassar.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menaker Ida Fauziyah seusai menyaksikan Inauguration of School Operation di BBPVP Serang, kerja sama Indonesia-Austria di gedung BBPVP,  kota Serang, Banten, Rabu (17/10).

"Pengadaan peralatan pelatihan serta pengembangan program kejuruan las (welding) dan listrik (electrical) sudah sepenuhnya selesai, sehingga pelaksanaan kedua program pelatihan tersebut bagi pencari kerja dapat segera dilaksanakan," kata Ida Fauziyah.

Pengembangan BLK Maritim di BBPVP Serang ini merupakan wujud nyata dari implementasi lompatan ketiga dari kebijakan sembilan lompatan besar Kemnaker yaitu Transformasi BLK, dengan enam strategi R.

Keenam strategi tersebut yakni Rebranding, Reformasi Kelembagaan, Redesain Pelatihan, Revitalisasi Fasilitas, Sarana, dan Prasarana; Reorientasi SDM; dan Relationship.

"Saya yakin kami bisa mengubah BLK secara revolusioner menjadi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas sebagai pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing," tuturnya.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh Kepala BBPVP Serang, Aan Subhan dengan 50 perusahaan, yang diwakili 5 perusahaan, untuk kerja sama pelatihan vokasi dan penempatan lulusan pelatihan. 

"Saya berharap MoU yang telah ditandatangani benar-benar dapat diimplementasikan dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan SDM khususnya di seluruh wilayah Provinsi Banten," ujar Ida Fauziyah.

Dia menambahkan kolaborasi sangat baik antara BBPVP Serang dengan mitra industri, sebagai wujud komitmen Pemerintah agar lulusan pelatihan dari BPVP tak hanya memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri, tetapi juga berperan aktif dalam membantu penempatan di dunia industri. 

Kemnaker menyambut positif Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di tiga lokasi, yakni Balai Besar Pelatihan Vokasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close