Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ida Fauziyah Bawa Misi Perlindungan Pekerja dan Kesetaraan di ILC ke-112 Jenewa

Rabu, 05 Juni 2024 – 19:58 WIB
Menaker Ida Fauziyah Bawa Misi Perlindungan Pekerja dan Kesetaraan di ILC ke-112 Jenewa - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Perburuhan Internasional atau ILC ke-112 yang berlangsung di Jenewa pada 3-14 Juni 2024. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian acara Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-112 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada 3-14 Juni 2024.

Menaker Ida mengatakan pemerintah Indonesia mendukung penyelenggaraan ILC ke-112 yang mengangkat tema 'towards a renewed social contract' sebagai sarana meningkatkan komitmen dan kerja sama bidang ketenagakerjaan di antara negara-negara anggota Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Menurutnya, ILC ini merupakan momen penting bagi kita semua untuk menyuarakan aspirasi dan kepentingan Indonesia di forum internasional.

"Ini salah satu ajang berkontribusi dalam pembentukan standar dan kebijakan ketenagakerjaan internasional yang adil dan berkelanjutan. Kami membawa misi untuk perlindungan pekerja, kesetaraan, dan keberlangsungan usaha,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker, Rabu (5/6).

Menaker Ida menjelaskan ILC yang digelar secara rutin setiap tahun itu melibatkan unsur tripartit dari 187 negara anggota ILO yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur pengusaha, dan unsur serikat pekerja atau serikat buruh.

"Saya harap semua delegasi Indonesia dalam pertemuan ILC ini, akan bersuara dan mengungkapkan pendapat serta semangat yang sama untuk memajukan dunia ketenagakerjaan di Indonesia,” ujar Menaker Ida Fauziyah.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menyampaikan pertemuan ILC ini terdiri dari sesi pleno dan berbagai komite, termasuk Komite Finance, Komite Application of Standards, dan Komite Standard Setting.

Selain itu, ada pertemuan Asia-Pacific Group Ministers Meeting, pemilihan anggota Governing Body, dan pengukuhan Global Coalition for Social Justice.

Menaker Ida Fauziyah memimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Perburuhan Internasional atau ILC ke-112 yang berlangsung di Jenewa pada 3-14 Juni 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close