Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ida Fauziyah Optimistis PMI yang Bekerja di Belanda Bakal Jadi Orang Hebat

Senin, 10 Juni 2024 – 16:13 WIB
Menaker Ida Fauziyah Optimistis PMI yang Bekerja di Belanda Bakal Jadi Orang Hebat - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (empat dari kiri) bersama Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat menemui Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama (NU) Belanda di Den Haag, Minggu (9/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, DEN HAAG - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah optimistis pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Belanda akan bermetamorfosis menjadi orang-orang hebat yang dapat memetik pelajaran dalam setiap proses hidupnya.

Data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag menyebutkan jumlah pekerja migran indonesia yang bekerja di negara tersebut yang ditempatkan oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) pada sektor hospitality.

"Kami berharap setelah menyelesaikan masa kerjanya di Belanda, para pekerja migran Indonesia akan membangun tanah kelahirannya serta memberikan manfaat tidak hanya bagi keluarga namun juga bagi masyarakat sekitar," ujar Menaker Ida Fauziyah saat menemui Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama (NU) Belanda di Den Haag, Minggu (9/6).

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan harapan pemerintah di masa mendatang agar semakin banyak calon pekerja migran Indonesia dan pekerja migran Indonesia yang bekerja pada pengguna berbadan hukum dan pada pekerjaan-pekerjaan middle skill dan high skill di luar negeri.

Menurutnya, hukum ketenagakerjaan di Belanda memberikan pelindungan yang cukup kuat bagi pekerja, seperti kontrak kerja, hak pemutusan hubungan kerja, jam kerja, hak cuti, dan lainnya.

"Peluang kerja yang dibutuhkan sektor keuangan, IT, perawat dan perkapalan," sebut Menaker Ida Fauziyah.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menaker Ida Fauziyah memberikan apresiasi kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berani meninggalkan kampung halaman untuk menimba ilmu maupun untuk bekerja di Belanda.

"Saya berharap semua warga PCI NU tetap menjaga kesehatan, terus produktif serta selalu berkomunikasi dengan keluarga," pesan mantan anggota DPR itu. (mrk/jpnn)

Menaker Ida Fauziyah menaruh harapan besar kepada para pekerja migran Indonesia, termasuk yang bekerja di Belanda, simak selengkapnya

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close