Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menaker Ida Minta PMI Jadi Duta Bela Negara dan Duta Pariwisata  

Rabu, 18 Desember 2019 – 19:45 WIB
Menaker Ida Minta PMI Jadi Duta Bela Negara dan Duta Pariwisata   - JPNN.COM
Menaker Ida Fauziyah dalam peringatan Migrant Day 2019 yang diselenggarakan di GOR Vira Yudha Madivif 2 Kostrad Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto: Kemnaker

jpnn.com, MALANG - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengucapkan selamat Hari Migran International Tahun 2019 (Happy Migrant Day), kepada pekerja migran Indonesia (PMI) yang ada di seluruh negara-negara penempatan. Serta kepada PMI yang sudah purna maupun para calon PMI yang akan berangkat ke luar negeri.

“Pekerja migran Indonesia mempunyai peran penting untuk mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Kami tetapkan pekerja migran indonesia sebagai Duta Bela Negara dan Duta Pariwisata,” kata Menaker Ida dalam peringatan Migrant Day 2019 yang diselenggarakan di GOR Vira Yudha Madivif 2 Kostrad Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (18/12).

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Panglima Divisi Invantri 2 Kostrad Malang Mayjen TNI Tri Yuniarto, Bupati Malang HM Sanusi, Bupati Tulungagung Maryoto serta Plt Dirjen Binapenta dan PKK Aris Wahyudi.

Menaker Ida mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Pertahanan melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama atau MoU tentang pembinaan kesadaran bela negara bagi PMI.

“Kami harus bergerak cepat, melakukan koordinasi dan memutuskan untuk memberikan wawasan kebangsaan dan ideologi kepada para calon pekerja migran kami, sebelum mereka berangkat bekerja ke luar negeri," kata Menaker Ida.

“Harapannya tentu ketika berangkat, pekerja migran kita sudah benar-benar memahami arti penting ideologi pancasila serta nilai persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mencegah maraknya isu radikalisme,” kata Menaker Ida.

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono menambahkan pihak Kementerian Pertahanan mendukung kerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan terkait pembinaan kesadaran bela negara bagi PMI.

“Nanti kami matangkan konsepnya pelatihan bela negara buat calon PMI. Kita akan buat kurikulum bela negara bagi PMI. Kita harapkan bisa dimulai pada awal 2020,” kata Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menaker Ida Fauziyah meminta PMI untuk menjadi duta bela negara dan duta pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close