Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Mendagri Berharap Kolaborasi dengan Kemensos dan FRI Lahirkan Kebijakan Tepat Sasaran

Senin, 29 Maret 2021 – 21:14 WIB
Mendagri Berharap Kolaborasi dengan Kemensos dan FRI Lahirkan Kebijakan Tepat Sasaran - JPNN.COM
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian (tengah) menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Sosial (Kemensos), dan Forum Rektor Indonesia (FRI), di Kantor Kemendagri, Senin (29/3). Foto dok Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap, kolaborasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos), dan Forum Rektor Indonesia (FRI) dalam Data Presisi Pemerintahan Desa, bisa menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Tito dalam penandatanganan nota kesepahaman antara ketiganya di Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (29/3).

"Kami kolaborasi antar pengambil kebijakan dan dunia akademik, sehingga akan dibuat kebijakan yang tepat sasaran untuk rakyat," ujar Mendagri Tito.

Sinergisitas dan kolaborasi ketiga pihak tersebut juga diharapkan mampu menjadi dasar kebijakan dalam pembangunan, maupun bidang sosial.

“Kami harap pemerintah bisa menyelesaikan data sekaligus membuat dasar-dasar kebijakan untuk pembangunan atau bidang sosial yang tepat, sehingga menjadi legacy untuk pemerintah yang akan datang," harap dia.

Mantan Kapolri ini menuturkan, adanya pandemi Covid-19 menjadi pelajaran berharga, terlebih dalam memperkuat desa-desa, bukan hanya dalam segi pembangunan, namun menjadi sentra ekonomi baru.

Dengan begitu mengurangi beban kota dengan terbukanya berbagai lapangan kerja baru dan menjadikan masyarakat di desa lebih sejahtera. Oleh karena itu, penyajian data secara presisi amat dibutuhkan.

Dengan memperkuat data akumulasi dari berbagai data di pedesaan diharapkan menjadi data nasional yang dapat dijadikan dasar dalam mendesain pembangunan dan penyaluran bantuan sosial.