Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri: BUMD Merugi Dihapus Saja

Rabu, 28 Agustus 2019 – 16:03 WIB
Mendagri: BUMD Merugi Dihapus Saja - JPNN.COM
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersikap tegas terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengalami kerugian. Ke depan, pemerintah pusat bakal mendorong penghapusan BUMD yang terus mengalami kerugian.

Hal itu diungkapkan Tjahjo setelah menghadiri acara Kemendagri dengan tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik" di Grand Hotel Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (28/8).

"Namanya BUMD harus untung, kalau yang rugi, ya, dihapuskan saja," kata Tjahjo.

BACA JUGA: Mendagri Sebut Infrastruktur Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Tahun Depan

Catatan Kemendagri, Indonesia memiliki setidaknya 1097 BUMD. Dari ribuan BUMD itu, mayoritas bergerak pengadaan air bagi publik yakni PDAM.

Tjahjo mencontohkan, 70 persen PDAM mengalami kerugian. Alhasil, pemerintah pusat menyuntikkan dana sebesar Rp 5 Triliun bagi PDAM yang merugi.

Mengacu kerugian yang diderita PDAM, pemerintah pusat enggan merestui pembentukan BUMD baru. "Sudah banyak 1097 BUMD, sudah banyak yang rugi, masa masih mengajukan lagi," ucap dia.

Sementara itu, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menyebut aset BUMD di Indonesia amat besar. Namun, aset besar itu tidak berujung pada laba yang didapatkan BUMD. Menurut Hadi, BUMD hanya mendapatkan laba sebesar Rp 10 Triliun per tahun.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersikap tegas terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengalami kerugian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close