Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendiknas Janjikan Kemudahan Masuk PTN

Hasil UN akan Dintegrasikan dengan Tes dari PTN

Senin, 12 Juli 2010 – 20:35 WIB
Mendiknas Janjikan Kemudahan Masuk PTN - JPNN.COM
JAKARTA — Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menjanjikan kemudahan kepada para lulusan SMU ataupun SMK yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Mendiknas mengatakan bahwa pada proses seleksi masuk PTN tahun depan, untuk hasil Ujian Nasional (UN) siswa akan digabungkan dengan tes potensi akademik yang digelar perguruan tinggi negeri.

“Dengan integrasi ini, maka dipastikan bahwa para peserta didik atau calon mahasiswa tidak perlu rumit lagi untuk masuk ke PTN,” ungkap Mendiknas ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (12/7).

Lebih lanjut Mendiknas menjelaskan, pemerintah memang tidak akan memaksa PTN menerapkan aturan yang kini tengah digodok pemerintah itu. Meski demikian Mendiknas menegaskan, PTN merupakan badan milik pemerintah, sehingga sudah seharusnya mentaati semua peraturan dibuat pemeirntah. “PTN itu punya pemerintah, punya Kemdiknas. Masa kalau pemerintah mengeluarkan aturan, PTN tidak mau nurut?” tandasnya.

Mendiknas menambahkan, rencana integrasi untuk mempermudah proses seleksi masuk PTN tersebut sudah dibicarakan bersama dengan para rektor PTN dan Kepala Dinas Pendidikan seluruh Indonesia. Di dalam pertemuan tersebut, terang Mendiknas, pihaknya juga memberikan penjelasan soal kerjasama dengan PTN, terutama terkait dengan penolakan untuk mengintegrasikan hasil UN.

JAKARTA — Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menjanjikan kemudahan kepada para lulusan SMU ataupun SMK yang ingin masuk Perguruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA