Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendukung NDC, Menteri LHK Siti Nurbaya Beri Penghargaan PT ITCI Kartika Utama

Jumat, 18 Oktober 2024 – 11:54 WIB
Mendukung NDC, Menteri LHK Siti Nurbaya Beri Penghargaan PT ITCI Kartika Utama - JPNN.COM
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada Hashim Djojohadikusumo selaku Chairman dan CEO ARSARI GROUP PT ITCI Kartika Utama (ITCIKU) sebagai pemegang perizinan berusaha pemanfaatan hutan (PBPH). Pemberian penghargaan berlangsung di Jakarta, Kamis (17/10/2024). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada PT ITCI Kartika Utama (ITCIKU) sebagai pemegang perizinan berusaha pemanfaatan hutan (PBPH) atas keberhasilannya dalam mendukung pemenuhan kontribusi Nationally Determined Contribution (NDC) yang ditetapkan secara nasional melalui pendekatan tutupan hutan alam.

"Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Hashim Djojohadikusumo, Chairman dan CEO ARSARI GROUP, dengan prestasi ITCIKU sebagai PBPH yang telah berhasil mengelola PBPH dengan kondisi tutupan hutan alam yang meningkat signifikan dalam 10 tahun terakhir. Ini menunjukkan kontribusi nyata dunia usaha kepada penurunan emisi GRK yang ditetapkan secara nasional dalam komitmen NDC Indonesia,” kata Menteri Siti saat memberikan penghargaan di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Menteri Siti mengungkapkan kegembiraannya karena pada akhirnya Pemerintah bisa menemukan pola dimana secara langsung dan sederhana bisa dibuktikan secara kasat mata bagaimana suatu kegiatan atau usaha oleh entitas dunia usaha, pemegang perizinan pemanfaatan hutan melaksanakan aksi iklim dengan hasil nyata telah meningkatkan tutupan hutan alamnya.

"Itulah yang dilakukan oleh PT ITCIKU. Tadi telah kita lihat video snapshot mengenai areal kawasan hutan alam PT ITCIKU dan proses analisis termasuk field check yang dilakukan," ujarnya.

Lebih lanjut, Menteri Siti mengatakan sangat penting bahwa kita memetik pelajaran dengan leading by examples. Ini bukan saja penting untuk Indonesia, tetapi juga untuk global; dan ini penting juga untuk kita, Indonesia menunjukkan kepada dunia, bahwa inilah aksi yang nyata; bahwa inilah bukti lead by examples bisa dilakukan oleh dunia usaha.

"Terima kasih ITCIKU, terima kasih Bapak Hashim Djojohadikusumo atas contoh aksi nyata yang sangat baik dan sangat berarti ini," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Chairman dan CEO ARSARI GROUP, Hashim Djojohadikusumo, menyampaikan peningkatan tutupan hutan alam di konsesi ITCIKU dalam satu dekade terakhir ini, hingga mencapai lebih dari 115 persen, merupakan bukti nyata dari aksi iklim pihaknya di tingkat lapangan. Saat ini sekitar 70% konsesinya merupakan tutupan hutan alam.

“Kita perlu bukti, bukan hanya sekadar komitmen. Kami membuktikan bahwa konsesi kehutanan dapat berperan nyata dalam mitigasi perubahan iklim," ujarnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada Hashim Djojohadikusumo selaku Chairman dan CEO ARSARI GROUP PT ITCI Kartika Utama (ITCIKU).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA