Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menekan Angka Putus Sekolah, Pemkab Belitung Timur Menggencarkan Yuk Sekula

Minggu, 20 November 2022 – 19:25 WIB
Menekan Angka Putus Sekolah, Pemkab Belitung Timur Menggencarkan Yuk Sekula - JPNN.COM
Kepala Dinas Pendidikan Belitung Timur Sarjono (ANTARA/Ahmadi)

jpnn.com - MANGGAR - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggencarkan Program Yuk Sekula (Ayo Sekolah).

Tujuannya ialah untuk menaikkan angka rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Belitung Timur.

Kepala Dinas Pendidikan Belitung Timur Sarjono mengatakan bahwa saat ini rata-rata lama sekolah penduduk Belitung Timur di angka delapan tahun.

“Dengan Program Yuk Sekula ini, kami optimistis dapat meningkat menjadi sembilan tahun," ujar Sarjono di Koba, Minggu (20/11).

Menurut dia, Program Yuk Sekula ini lebih kepada penguatan sosialisasi tentang pendidikan, ajakan, dan pemberian pemahaman kepada orang tua agar memiliki tekad dan semangat untuk mendidik anaknya.

"Program Yuk Sekula ini sudah kami jalankan dalam beberapa tahun ini, tentu terus digencarkan, karena juga bertujuan untuk menekan angka putus sekolah," ungkap Sarjono.

Dia mengatakan hingga saat ini angka putus sekolah di Belitung Timur tercatat untuk tingkat SMP sebanyak 120 siswa dan SMA 160 siswa.

"Penyebab putus sekolah adalah ketidakmauan siswa itu sendiri, karena kebanyakan sudah biasa memegang uang banyak, sehingga tidak ada hasrat untuk bersekolah," ujarnya.

Pemkab Belitung Timur menggencarkan Program Yuk Sekola untuk menekan angka putus sekolah di daerah tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close