Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengenal Meukutop, Peci Kopiah Khas Aceh yang Jadi Incaran Kala Ramadan

Jumat, 16 April 2021 – 05:10 WIB
Mengenal Meukutop, Peci Kopiah Khas Aceh yang Jadi Incaran Kala Ramadan - JPNN.COM
Peci kopiah meukutop (khas Aceh) menjadi incaran masyarakat Aceh dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. Foto: Antara

jpnn.com, BANDA ACEH - Peci kopiah meukutop (khas Aceh) menjadi incaran masyarakat Aceh dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, peci itu memperlihatkan nilai-nilai tradisi Aceh.

"Iya peci kopiah meukutop ini ramai yang membeli sejak tiga hari sebelum puasa, dan sampai hari ini," kata salah seorang pedagang peci Mansur, di Banda Aceh, Kamis.

Mansur menjelaskan, harga kopiah meukutop tidak terlalu mahal berkisar antara Rp 45-50 ribu per peci.

Selain kupiah meukutop, kata Mansur, peci jenis lain yang paling diburu pada momentum Ramadan ini adalah peci berwarna hitam, baik polos maupun yang berlogo rencong Aceh.

"Peci kupiah Aceh ini dan peci biasa yang hitam ini paling banyak yang membeli saat-saat puasa," ujarnya.

Masyarakat mulai ramai membeli peci sejak beberapa hari sebelum masuk Ramadan, dan diperkirakan masih meningkat hingga hari ini atau puasa ketiga.

Bahkan, pendapatan mereka bisa mencapai dua kali lipat ketimbang hari-hari biasanya. Kalau hari normal mereka hanya memperoleh sekitar Rp 1 juta per hari.

"Kalau hari hari biasa paling kami ada laku sekitar Rp 1 juta, tetapi kalau saat Ramadhan ini bisa mencapai Rp 2 juta. Biasanya nanti menjelang hari raya juga meningkat," kata Mansur.

Peci kopiah meukutop (khas Aceh) menjadi incaran masyarakat Aceh dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   UMKM  Aceh  kopiah  Ramadan 
BERITA LAINNYA
X Close