Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengenal Sosok Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin

Kamis, 21 Oktober 2021 – 16:07 WIB
Mengenal Sosok Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin - JPNN.COM
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berziarah di Makam Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, Jawa Timur, Kamis (21/10). Foto: ANTARA/HO-Setwapres

jpnn.com, JAKARTA - Wapres Ma’ruf Amin menyempatkan diri berziarah dan melakukan doa bersama di makam Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Wapres berziarah dengan didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum Takmir Pesantren Lora Fathey.

KHR As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) serta pengasuh generasi kedua di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo.

KHR As’ad Syamsul Arifin juga menjabat sebagai Dewan Penasihat (Mustasyar) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga akhir hayatnya.

Semasa hidupnya, KHR As’ad Syamsul Arifin aktif dalam dakwah dan dunia pendidikan. Di bawah kepemimpinannya, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah berkembang pesat, dengan bertambahnya jumlah santri hingga mencapai ribuan orang.

Kemudian, lembaga pendidikan keagamaan tersebut makin diperluas tanpa meninggalkan sistem lama yang menunjukkan ciri khas pesantren.

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah telah mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Ma'had Aly (pesantren tinggi) pertama di Indonesia.

Di sisi pemerintahan, KHR As’ad Syamsul Arifin juga aktif dalam memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan bangsa.

Makam Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin berada di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close