Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengenang Setahun Buya Syafii Berpulang, Maarif Institute Gelar Memorial Lecture

Rabu, 25 Oktober 2023 – 21:55 WIB
Mengenang Setahun Buya Syafii Berpulang, Maarif Institute Gelar Memorial Lecture - JPNN.COM
MAARIF Institute bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menyelenggarakan kegiatan Syafii Maarif Memorial Lecture (SMML) yang kedua dengan tema, Agama, Politik dan Hak Asasi Manusia: Refleksi atas Kontribusi Syafii Maarif pada Keberagaman Indonesia. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Prof. Dr. KH. Ahmad Syafii Maarif yang dikenal sebagai guru bangsa berpulang ke Rahmatullah pada 27 Mei 2022 lalu.

Buya Syafii bukan hanya dikenal sebagai seorang cendekiawan, guru bangsa dengan kepribadian yang humanis, tetapi juga dikenal sebagai seorang sejarawan yang kritis.

Pemikiran-pemikirannya tentang isu-isu keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan, telah membuka pintu gerbang cakrawala keilmuan bagi para penerus bangsa.

Untuk mengenang kepergian tokoh bangsa itu, MAARIF Institute bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menyelenggarakan kegiatan Syafii Maarif Memorial Lecture (SMML) yang kedua dengan tema, Agama, Politik dan Hak Asasi Manusia: Refleksi atas Kontribusi Syafii Maarif pada Keberagaman Indonesia.

Kegiatan Memorial Lecture ini diawali dengan sambutan dari Ketua Yayasan Ahmad Syafii Maarif, Dr. Rizal Sukma, dan Wakil Rektor UIII Bidang Kerjasama Riset dan Kelembagaan Prof. Dr. Jamhari Makruf.

Dalam sambutannya, Rizal Sukma mengingatkan bahwa sosok guru bangsa seperti Buya Syafii bukan hanya sekadar kita kenang setiap tahunnya, tetapi mesti kita lanjutkan pemikiran-pemikirannya.

“Buya sosok sederhana dalam penampilan, egaliter dalam hubungan sosial, dan sangat kaya ilmu pengetahuan. Beliau selama hidupnya tak kenal lelah mencintai Indonesia. Dalam situasi politik hari ini, meneladani sikap moral Buya Syafii menjadi sangat relevan. Tanpa moralitas yang tak henti disuarakan Buya Syafii, politik menjadi hampa dan tak bermakna,” jelas Rizal.

Sementara Jamhari, dalam sambutannya mengatakan bahwa Buya Syafii selama hidupnya didedikasikan untuk kepentingan umat dan bangsa.

MAARIF Institute bekerja sama dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menyelenggarakan kegiatan Syafii Maarif Memorial Lecture (SMML)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    I-baru CSIS

    Sabtu, 20 Mei 2023 – 07:07 WIB
    I-baru CSIS - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    U Tiga-I

    Selasa, 16 Mei 2023 – 07:07 WIB
    U Tiga-I - JPNN.com
  • Humaniora

    Erick Thohir Terkenang Tulisan Pertama Buya Syafii

    Rabu, 22 Juni 2022 – 20:38 WIB
    Erick Thohir Terkenang Tulisan Pertama Buya Syafii - JPNN.com
  • Sosial

    Seperti Ini Kenangan Anwar Ibrahim Terhadap Buya Syafii

    Senin, 30 Mei 2022 – 21:08 WIB
    Seperti Ini Kenangan Anwar Ibrahim Terhadap Buya Syafii - JPNN.com
X Close