Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhan Prabowo Beri Pembekalan Kepada Peserta Rapim TNI Tahun 2021

Kamis, 18 Februari 2021 – 23:56 WIB
Menhan Prabowo Beri Pembekalan Kepada Peserta Rapim TNI Tahun 2021 - JPNN.COM
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada peserta Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021, Selasa (16/2) di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Foto: Puskom Publik Kemhan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada peserta Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2021, Selasa (16/2) di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Pada kesempatan itu, Menhan meminta peserta Rapim TNI untuk saling meningkatkan kerja sama yang erat dalam rangka tercapainya pembangunan postur kekuatan pertahanan Negara. Hal itu tidak terlepas dari rancang bangun para pendiri bangsa dan tertuang dalam UUD 1945, yakni sistem pertahanan rakyat semesta.

Pada Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 mengamanatkan bahwa, “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Kemudian dilanjutkan dengan Pasal 30 ayat (1) dengan penegasan pernyataan “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usha pertahanan dan keamanan negara”.

"Dua kali dalam satu konstitusi, dua kali para pendiri bangsa menegaskan sistem pertahanan kita, artinya sistem pertahanan kita adalah pertahanan keamanan rakyat semesta, yang melibatkan seluruh rakyat ikut memikul tanggung jawab," tegas Menhan.

Rapim TNI Tahun 2021 mengambil tema "TNI Kuat, Solid, Profesional, Dicintai Rakyat, Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI", yang dilaksanakan melalui tatap muka dan video conference.

Sementara peserta yang mengikuti Rapim TNI Tahun 2021 sebanyak 333 orang, yang terbagi secara tatap muka 75 orang yang terdiri dari  para Kepala Staf Angkatan, para Perwira Tinggi (Pati) TNI Bintang Tiga dan Dua dari Mabes TNI dan Mabes Angkatan, Pati Bintang Tiga dari Kementerian/Lembaga, perwakilan Pati Wanita TNI, dan perwakilan Kolonel Alumni 1994 sampai 1998.

Sedangkan Video converence diikuti sebanyak 258 orang di 72 lokasi, yang terdiri dari Pati bintang tiga, Pati bintang dua, Pati bintang satu struktural Mabes TNI dan Angkatan dan Pati bintang dua yang non struktural di Kementerian/Lembaga.

Menhan memintab peserta Rapim TNI untuk saling meningkatkan kerja sama yang erat dalam rangka tercapainya pembangunan postur kekuatan pertahanan Negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close