Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhub Budi Optimistis Pembangunan Bandara IKN Selesai Sesuai Target

Senin, 09 September 2024 – 11:55 WIB
Menhub Budi Optimistis Pembangunan Bandara IKN Selesai Sesuai Target - JPNN.COM
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu (8/9/2023). ANTARA/HO-BKIP Kemenhub

jpnn.com - JAKARTA - Pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, terus dilakukan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa perkembangan pembangunan Bandara Nusantara di IKN cukup signifikan.

Dia mencontohkan pembangunan landasan pacu atau runway Bandara Nusantara yang masih sesuai target dengan panjang 1.975 meter per Minggu (8/9/2024).

"Ini masih sesuai target kita. Dalam waktu dekat ini akan rampung hingga 2.200 meter," ucap Menhub Budi melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (9/9).

Pada akhir Agustus 2024, landasan pacu masih memiliki panjang 1.025 meter. Pembangunan terus berlangsung cepat meski kondisi cuaca terkadang gerimis dan hujan.

Selain landasan pacu, Kemenhub juga mengatakan sejumlah perkembangan pada kawasan bandara telah terlihat, di antaranya terminal VVIP yang pembangunannya telah mencapai 90,16 persen dibanding pada Agustus 2024 lalu yang masih 82,6 persen. Sedangkan, untuk terminal VIP telah rampung 77,06 persen.

Berikutnya, untuk fasilitas penunjang seperti tower ATC per Minggu (8/9/2024) telah terbangun 53,71 persen, gedung administrasi dan operasional sudah terbangun 61,03 persen, dan Gedung PKP-PK sudah rampung 68,71 persen.

"Hingga saat ini pembangunannya berjalan baik. Kendala masih pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan, tetapi semua masih on track," ujar Menhub Budi yang pada Minggu (8/9) mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di IKN.

Menhub Budi menyatakan bahwa perkembangan pembangunan Bandara Nusantara di IKN, cukup signifikan. Yakin selesai sesuai target.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA