Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhub Buka-bukaan soal Prakiraan Pemudik yang Melewati Tol Cipali Lebaran 2024

Senin, 18 Maret 2024 – 06:45 WIB
Menhub Buka-bukaan soal Prakiraan Pemudik yang Melewati Tol Cipali Lebaran 2024 - JPNN.COM
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai antusiasme warga begitu tinggi menggunakan kendaraan untuk pulang kampung pada Lebaran 2024. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai antusiasme warga begitu tinggi menggunakan kendaraan untuk pulang kampung pada Lebaran 2024.

Menhub bahkan, memperkirakan terjadi kemacetan di ruas Tol Cipali pada periode mudik Idulfitri 1445 Hijriah.

"Kita memang mengamati ada kemungkinan kemacetan itu ada di tiga tempat ya, salah satu itu di Cipali karena memang ada ruas yang lebih kecil," ujar Budi dalam jumpa pers virtual yang dipantau dari Jakarta, Minggu (17/3).

Sebelumnya, Budi juga menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

"Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang," ujarnya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan adanya tambahan titik kemacetan dalam ruas Tol Cipali saat arus mudik Lebaran 2024.

"Kemudian, tol sendiri tadi saya sampaikan ada penambahan titik krusial titik macet di Tol Cipali," ujarnya dalam kesempatan sama.

Aan juga memproyeksikan bakal ada titik kemacetan yakni di pertemuan dari Cisumdawu yang digunakan masyarakat Bandung menuju daerah Jawa dan Cipali.

"Titik dari Cisumdawu dan Cipali akan terjadi bottle neck," ujarnya.

Oleh karena itu, kepolisian melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan rambu kun sepanjang 1 kilometer sehingga diharapkan perjalanan pemudik lancar dan tidak ada kemacetan.(antara/jpnn)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai antusiasme warga begitu tinggi menggunakan kendaraan untuk pulang kampung pada Lebaran 2024.

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close