Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menjelang Peringatan HUT ke-67, Kodam XV/Pattimura Gelar Bakti Sosial

Minggu, 26 Mei 2024 – 16:20 WIB
Menjelang Peringatan HUT ke-67, Kodam XV/Pattimura Gelar Bakti Sosial - JPNN.COM
Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial didampingi Ketua Persit KCK Daerah XV/Pattimura Ny. Shinta Syafrial serta PJU Kodam XV/Pattimura bersama Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.IP., M.Han saat kunjungan ke Panti Asuhan Santa Maria Ahuru, Ambon, Maluku, Minggu (26/5). Foto: Penerangan Kodam XV/Pattimura

jpnn.com, AMBON - Komando Daerah Militer (Kodam) Pattimura berganti nama dari Kodam XVI/Pattimura menjadi Kodam XV/Pattimura.

“Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) KSAD Nomor: Kep/155/II/2024, tanggal 28 Februari tentang perubahan hari jadi dan nama Satuan Kodam XV/Pattimura,” kata Panglima Daerah Militer (Pangdam) Pattimura Mayjen TNI Syafrial dalam keterangan tertulis diterima Minggu (26/5)

Dalam surat tersebut, juga dijelaskan tentang Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam yang semula pada tanggal 15 Mei 1999 sekarang menjadi 27 Mei 1957. Hal ini berarti Kodam XV/Pattimura kini akan berusia 67 tahun.

Perubahan Nama Satuan dan Hari Ulang Tahun Satuan Kodam XVI/Pattimura merupakan hasil dari sarasehan pada tanggal 27 Juni 2023 di Aula Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya.

Pada acara ini turut hadir para sesepuh Kodam, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat.

"Hasil sarasehan tersebut kemudian disarankan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), dan disetujui dengan menerbitkan surat Keputusan KSAD dengan Nomor tersebut di atas,” kata Pangdam.

Dalam sarasehan itu, terungkap bahwa sejarah untuk menumpas dan menghancurkan yang menamakan diri Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku, Komando Tentara dan Teritorium VII Indonesia Timur mulai menyusun rencana gerakan operasi militer bernama "Komando Pasukan Maluku Selatan" dengan Komandan Operasi Kolonel Alex Evert Kawilarang sebagai Panglima TT VII Indonesia Timur yang kemudian diserahkan kepada Letkol Slamet Riyadi.

Dengan demikian maka telah ditetapkan tanggal 27 Mei 2024 adalah Hari Ulang Tahun Kodam XV/Pattimura untuk dirayakan setiap tahun.

Menjelang peringatan HUT ke-67, Kodam XV/Pattimura menggelar sejumlah kegiatan antara lain bakti sosial di Yayasan Panti Asuhan Santa Maria Ahuru, Ambon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close