Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkes: Jangan Tutup Praktik Ponari

Rabu, 25 Februari 2009 – 08:25 WIB
Menkes: Jangan Tutup Praktik Ponari - JPNN.COM
JAKARTA - Fenomena dukun cilik Ponari di Jombang juga menyita perhatian Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari. Menkes berpendapat cara menghadapi fenomena Ponari adalah dengan membiarkannya, bukan melarangnya berpraktik.

   

Menkes menolak pandapat yang menyebutkan bahwa fenonema Ponari menunjukkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah. Ada juga pendapat yang menyebutkan minimnya fasilitas dan kualitas pelayanan kesehatan, serta mahalnya biaya berobat menyebabkan masyarakat memilih berobat ke Ponari.

   

Menurut Menkes, fakta menunjukkan bahwa yang berobat ke Ponari tidak hanya dari kalangan masyarakat miskin. Tapi, tak sedikit pasien kaya dan telah berobat ke luar negeri. "Ponari tidak ada hubungannya dengan masalah  kesehatan," kata Menkes Siti Fadillah Supari di ruang kerjanya, Selasa (24/2).

   

Kalau karena mahalnya biaya pelayanan kesehatan, kata menkes, tidak mungkin  orang yang sudah berobat ke sejumlah negara maju masih mau datang ke Ponari. "Ponari adalah suatu fenomena sosial, dimana ada kepercayaan terhadap kajaiban. Orang-orang yang putus harapan dari cara konvensional akan mencari keajaiban melaui supranatural dan metafisika," kata menkes.

    

JAKARTA - Fenomena dukun cilik Ponari di Jombang juga menyita perhatian Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari. Menkes berpendapat cara menghadapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA