Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkes Sebut Obat Ini Ampuh Atasi Gagal Ginjal, Apa Itu?

Selasa, 25 Oktober 2022 – 01:00 WIB
Menkes Sebut Obat Ini Ampuh Atasi Gagal Ginjal, Apa Itu? - JPNN.COM
Menkes Budi Gunadi Sadikin. Foto: ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan mengatakan pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan sejumlah negara sahabat untuk menyediakan obat Fomepizole yang dinilai dapat mengatasi kasus gagal ginjal.

Hingga saat ini, pemerintah telah menerima 20 vial dari Singapura, sedangkan 16 vial lainnya akan datang dari Australia dalam waktu dekat.

"Kami sedang proses untuk beli dari Amerika. Mereka ada stok tidak terlampau banyak, juga beli dari Jepang mereka ada stok sekitar 2 ribuan. Ini kesiapan yang kami lakukan untuk menyediakan obat-obatnya," ungkap Menkes Budi di Istana Bogor, Senin (24/10).

Budi memastikan obat Fomepizole tersebut memberikan dampak positif terhadap para pasien yang menderita gangguan ginjal akut tersebut.

Dia pun menyatakan akan segera mempercepat proses kedatangan obat tersebut ke Indonesia.

"Jadi, kita bisa melihat dari 10 pasien yang diberikan obat ini, 7 pasien sudah pulih kembali sehingga kita simpulkan obat ini memberi dampak positif dan kita akan percepat kedatangannya ke Indonesia sehingga 245 yang masuk dan mungkin akan masih agak bertambah sedikit itu bisa kita obati dengan baik," ucap Menkes Budi.

Di sisi lain, lanjut Budi, pihaknya telah berbicara dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) terkait beberapa obat yang bersifat sirop yang dibutuhkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kritis.

Menkes Budi mengatakan bahwa obat-obatan tersebut masih diperbolehkan untuk dikonsumsi, tetapi harus dengan resep dokter.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan segera mempercepat proses kedatangan obat tersebut ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close