Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga Berharap Lotte Chemical Jadi Stimulus Industri Petrokimia Hilir Lokal

Senin, 20 Mei 2024 – 20:08 WIB
Menko Airlangga Berharap Lotte Chemical Jadi Stimulus Industri Petrokimia Hilir Lokal - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) saat melakukan pertemuan dengan Chairman Lotte Chemical dalam kunjungan kerja ke Republik Korea, Senin (20/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, SEOUL - Kerja sama ekonomi Indonesia dan Republik Korea kembali menguat pascapandemi dengan total nilai perdagangan bilateral mencapai USD 20,8 miliar pada tahun 2023.

Sebagai peringkat ke-7 investor terbesar di Indonesia tahun 2023, total FDI Republik Korea bernilai sekitar USD 2,5 miliar.

Jumlah tersebut meningkat sebesar lebih dari USD 200 juta dari tahun sebelumnya.

Salah satu investasi besar yang sudah terealisasi, yakni pembangunan pabrik petrokimia oleh Lotte Chemical.

Perusahaan kimia umum Korea yang didirikan pada 1976 lalu itu telah tumbuh menjadi 7 terbesar di dunia dengan struktur keuntungan yang stabil.

Realisasi investasi PT Lotte Chemical Indonesia, yakni pada pembangunan proyek kompleks petrokimia hilir atau LOTTE Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), berupa naphtha cracker senilai puluhan triliun rupiah yang berlokasi di Kota Cilegon, Banten.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan pabrik petrokimia hilir oleh PT Lotte Chemical ini menjadi salah satu wujud investasi yang telah terealisasi secara riil.

"Tentu saya sampaikan sangat mengapresiasi atas investasi ini,” kata Menko Airlangga saat melakukan pertemuan dengan Chairman Lotte Chemical dalam kunjungan kerja ke Republik Korea, Senin (20/5).

Pembangunan pabrik petrokimia oleh Lotte Chemical merupakan salah satu investasi besar dari Korea yang sudah terealisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close