Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga: Bersinergi untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Jumat, 27 September 2024 – 17:05 WIB
Menko Airlangga: Bersinergi untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan industri kreatif merupakan salah satu pendorong utama pembangunan ekonomi Indonesia.

Dia menyatakan pemerintah menyadari bahwa populasi generasi muda yang dimiliki Indonesia saat ini merupakan aset berharga bagi pertumbuhan ekonomi kreatif.

Untuk itu, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang solid dan dan berhasil dipertahankan tumbuh di kisaran 5% dengan inflasi yang terkendali, pemerintah melalui kebijakannya mendukung para generasi muda untuk tidak hanya menjadi penikmat industri tersebut tetapi juga pencipta, inovator, dan disruptor.

“Masa depan industri kreatif Indonesia cerah. Stabilitas ekonomi, populasi generasi muda dan kreatif, serta warisan budaya yang kaya memberikan landasan yang kokoh bagi pertumbuhan,” ujar Airlangga dalam International Creative Industry Conference and Festival on Creative Content 2024 secara virtual, Kamis (26/9).

Airlangga mengatakan nilai tambah ekonomi kreatif pada tahun 2024 ditargetkan mencapai Rp 1,347 triliun.

Subsektor utama yang mendorong pertumbuhan tersebut meliputi kuliner, fesyen, kerajinan tangan, dan lain-lain, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB nasional, dan menciptakan lebih dari 20 juta lapangan kerja dan memperkuat posisi Indonesia dalam ekspor global.

Lebih lanjut Airlangga menyampaikan bahwa pergeseran global menuju digitalisasi dan inovasi juga telah menciptakan peluang baru bagi sektor kreatif di Indonesia, termasuk film, musik, animasi, game, fesyen, dan seni digital.

Munculnya teknologi seperti artificial intellegence, virtual reality, dan blockchain mengubah cara konten kreatif diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan industri kreatif merupakan salah satu pendorong utama pembangunan ekonomi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA