Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga: Indonesia Siap jadi Produsen Kendaraan Listrik bagi Pasar Global

Minggu, 03 Desember 2023 – 18:49 WIB
Menko Airlangga: Indonesia Siap jadi Produsen Kendaraan Listrik bagi Pasar Global - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (dua dari kiri) saat hadir dalam acara seremoni Produksi Perdana Omoda 5 Electric Vehicle (EV) di Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/12). Foto: Dokumentasi Kemenko Perekonomian

jpnn.com, BEKASI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Indonesia siap menjadi produsen kendaraan listrik (Electric Vehicle) bagi pasar global.

Penegasan ini sejalan dengan kekuatan industri otomotif di Indonesia setidaknya didukung oleh 26 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau mobil.

Menko Airlangga mengungkapkan setidaknya industri kendaraan bermotor roda empat di Indonesia memiliki total kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun.

Menko Airlangga: Indonesia Siap jadi Produsen Kendaraan Listrik bagi Pasar Global

Industri otomotif juga telah menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang, serta lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai pasok otomotif dari tier 1 sampai 3.

Selain itu, Menko Airlangga menyampaikan pengembangan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Indonesia saat ini mendapatkan momentum baik, karena didukung kondisi negara ini yang merupakan produsen bahan mineral logam nikel terbesar di dunia.

"Bahan tersebut banyak digunakan dalam ekosistem produksi kendaraan listrik sebagai bahan baku dari baterai kendaraan listrik,” kata Menko Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/12).

Dilansir dari data Gaikindo, penjualan wholesales kendaraan bermotor roda empat atau lebih untuk domestik pada Oktober 2023 tercatat sebanyak 80.270 unit dan secara kumulatif dari Januari hingga Oktober 2023 mencapai sebanyak 836.048 unit.

Menko Airlangga menegaskan kesiapan Indonesia menjadi produsen kendaraan listrik bagi pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close