Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko Airlangga Pastikan Pemerintah Terus Dorong Kemajuan Industri Pupuk di Indonesia

Rabu, 14 Agustus 2024 – 12:22 WIB
Menko Airlangga Pastikan Pemerintah Terus Dorong Kemajuan Industri Pupuk di Indonesia - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan kerja ke PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) di Kota Bontang, Kaltim, Selasa (13/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, BONTANG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah mendorong kemajuan industri pupuk untuk menciptakan energi hijau yang kuat di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Menko Airlangga saat melakukan kunjungan kerja ke PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) di Kota Bontang, Kaltim, Selasa (13/8).

Dia menyampaikan pemerintah mendukung revitalisasi infrastruktur industri pupuk melalui modernisasi.

Menko Airlangga Pastikan Pemerintah Terus Dorong Kemajuan Industri Pupuk di Indonesia

Menko Airlangga bersama Anggota DPR, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Tim Ahli Kemenko Perekonomian, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, dan Direktur Utama PT Pupuk Kaltim. Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

Untuk itu, industri, lembaga penelitian, dan kementerian/lembaga terkait harus berkolaborasi mengembangkan pupuk yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat upaya menghadapi tantangan global, seperti fluktuasi harga bahan baku dan perubahan iklim.

“Tujuan membangun pabrik pupuk, bukan untuk petrokimia, tetapi tujuan utamanya untuk (produksi) beras. Tidak ada revolusi pertanian tanpa pupuk. Makanan utama masyarakat Indonesia adalah beras sehingga kita berhasil swasembada beras," kata Menko Airlangga dalam keterangannya, Rabu (14/8).

Menko Airlangga mengungkapkan pascareformasi, pembangunan pabrik pupuk dan turunannya relatif lebih lambat.

Pemerintah terus mendorong kemajuan industri pupuk untuk menciptakan energi hijau yang kuat di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA