Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK: Kualitas Hidup di Perbatasan jadi Prioritas

Minggu, 29 Oktober 2017 – 09:21 WIB
Menko PMK: Kualitas Hidup di Perbatasan jadi Prioritas - JPNN.COM
Menko PMK berkunjung ke Distrik Sota Kabupaten Merauke. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, MERAUKE - Pemerintah memasukkan pos lintas batas negara (PLBN) di Distrik Sota Kabupaten Merauke, Papua sebagai prioritas pada tahun 2018. Hal itu terungkap saat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berkunjung ke Sota, distrik yang berbatasan langsung dengan negara tetangga RI, Papua Nugini.

Mbak Puan menegaskan bahwa kawasan perbatasan akan bangkit menjadi beranda terdepan Indonesia yang berkemajuan.

"Pemerintah akan mulai masuk dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Itu sudah jadi prioritas. Setiap daerah perbatasan akan dibangun sekolah, puskesmas dan pos lintas batas negara (PLBN)," kata Menko PMK usai menyerahkan bantuan di Distrik Sota.

Dia menambahkan, pembangunan PLBN yang akan diselesaikan paling lambat pada tahun 2020 ini sedang diupayakan untuk dipercepat penyelesaiannya menjadi tahun 2019.

Pemerintah juga terus berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi daerah-daerah perbatasan ini sebagai upaya mengurangi kesenjangan antarwilayah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat perbatasan.

Menko PMK membagikan sejumlah bantuan berupa sembilan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, 24 paket PMT untuk balita, dan 150 Paket PMT untuk Anak Sekolah. Selain itu Menko PMK juga menyerahkan bantuan berupa 10 buah toren air, 50 buah jeriken, 1 buah penjernih air dan tenda posko.

Kemudian juga 75 paket makanan siap saji, 10 buah hidran air, 10 unit rutilahu, alat permainan edukatif, bantuan kearifan lokal sebesar Rp 50 juta yang akan digunakan untuk pembelian peralatan musik, serta program keserasian sosial sebesar Rp 109 juta yang akan digunakan untuk pembangunan balai musyawarah adat, penyuluhan hidup toleransi, dan revolusi mental.

Menko PMK juga memberikan sejumlah bantuan kepada siswa-siswi SD YPK Sota. Bantuan berupa 218 paket peralatan sekolah itu diberikan langsung oleh Puan secara simbolis kepada sebanyak 10 perwakilan siswa-siswi di SD YPK Sota. Sebanyak dua paket peralatan olahraga juga tak luput diberikan langsung oleh Menko PMK kepada Kepala Sekolah SD YPK Sota untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Pemerintah akan masuk dari daerah 3T yaitu terdepan, terluar, dan tertinggal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close