Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK: Persiapan PON 2020 di Papua Berjalan Maksimal

Kamis, 23 Januari 2020 – 21:21 WIB
Menko PMK: Persiapan PON 2020 di Papua Berjalan Maksimal - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau lokasi PON. Foto : humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan persiapan fisik baik infrastruktur maupun sarana prasarana untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun tahun ini sudah berjalan sesuai target yang diharapkan.

Dia menyebutkan, berdasarkan laporan dari Bupati Merauke, saat ini persentase kemajuan (progres) pembangunan beberapa venue seperti venue balap motor di Tanah Miring sudah di atas 30%.

Bahkan untuk venue sepakbola puteri yaitu Stadion Kaltapal di Tanah Datar telah mencapai sekitar 75%.

"Secara umum progresnya bagus sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh PB PON maupun dari pemerintah pusat. Hanya, masalahnya bagaimana terus menjaga konsistensi ini agar tetap berjalan sampai menjelang event berlangsung," ujar Muhadjir usai meninjau beberapa venue di Merauke, Papua, Kamis (23/1).

Sedangkan, kemajuan pembangunan sarana prasarana khususnya rusun baik rusun PUPR BPJN XXII Rimba Jaya Merauke maupun rusun Pemkab Merauke (Universitas Musamus) rata-rata hampir rampung mencapai 85% dengan tipe kamar 36 yang diyakini cukup untuk menampung kapasitas dari 6 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Merauke.

"Waktunya ditargetkan paling akhir sampai Juni. Saya lihat kalau progresnya konsisten terus seperti yang sekarang, ngga sampai Juni selesai," cetus Muhadjir.

Kendati demikian, dia mewanti-wanti agar fasilitas dan sarana prasarana olahraga yang telah terbangun megah dan berstandar internasional tersebut dapat terus dimanfaatkan. Jangan sampai usai pelaksanaan PON 2020, fasilitas itu nantinya mangkrak apalagi sampai dirusak.

Misalnya, venue balap motor yang dirancang pula untuk motor cross dan road race, nantinya akan dijadikan sebagai pusat untuk kegiatan olahraga wilayah Pasifik terutama Pasifik Selatan dan negara-negara yang berdekatan seperti Australia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy terjun langsung memeriksa persiapan PON XX di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close