Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Menkominfo Johnny Desak MiChat Take Down Akun Prostitusi Online

Minggu, 21 Maret 2021 – 03:50 WIB
Menkominfo Johnny Desak MiChat Take Down Akun Prostitusi Online - JPNN.COM
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkominfo Johnny G. Plate mendesak penyelenggara aplikasi pesan instan memblokir akun yang digunakan untuk praktik prostitusi.

"Kami sudah meminta komitmen dari pengelola aplikasi pesan instan melakukan take down akun yang disalahgunakan untuk kegiatan ilegal atau melanggar hukum, termasuk prostitusi online," kata Johnny, dalam keterangan pers, Minggu.

Kemenkominfo sudah mengetahui ada pengguna internet yang menyalahgunakan aplikasi pesan instan untuk kegiatan prostitusi dalam jaringan.

Johnny mengaku sudah meminta aplikasi MiChat untuk segera menutup akun-akun yang menjalankan praktik prostitusi online.

"MiChat sendiri sudah ada perwakilannya di Indonesia, dan sudah berkomitmen melakukan take down akun-akun yang disalahgunakan untuk promosi prostitusi online, sesuai laporan polisi atau masyarakat," kata dia.

Saat ini, menurut Johnny, belum ada permintaan resmi dari kepolisian mengenai akun di aplikasi pesan instan yang berkaitan dengan praktik prostitusi daring.

Namun, Kemenkominfo berkomitmen untuk bersikap proaktif dengan terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak-pihak lain untuk menjaga ruang digital di Indonesia bersih dan bermanfaat.

"Belum ada formal request dari Polri, tetapi Tim Cyber Drone Kemenkominfo akan berkoordinasi bersama Polri terkait pemanfaatan konten MiChat," kata Johnny.