Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkominfo Telusuri Peretas Situs Dewan Pers dan Kejagung

Rabu, 31 Mei 2017 – 12:09 WIB
Menkominfo Telusuri Peretas Situs Dewan Pers dan Kejagung - JPNN.COM
Rudiantara. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku baru tahu bahwa situs resmi Dewan Pers dan Kejaksaan Agung diretas. Menurut dia, bisa jadi itu merupakan upaya defacing terhadap kedua situs tersebut.

Rudiantara mengatakan, akan mengomunikasikan secepatnya untuk mencari jalan keluar atas persoalan itu.

"Saya baru tahu ada yang defacing," kata Rudiantara di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5).

Dia mengatakan, defacing itu biasanya upaya peretasan di halaman depan website saja. Sehingga orang tidak bisa masuk ke dalam untuk menelusuri website tersebut. "Gangguannya banyak itu," tegasnya.

Dia mengatakan, situs harus dijaga. Sudah ada standar-standar untuk menjaganya. "Mencegah sebetulnya tidak bisa 100 persen juga, tapi memitigasi sampai serendah mungkin kemungkinan terjadi serangan," kata Rudiantara.

Menurut Rudiantara, ini bukan hanya tugas Kominfo mencari siapa pelakunya. Namun, butuh bersama-sama untuk mencari pelakunya.

Seperti diberitakan, situs resmi Dewan Pers, www.dewanpers.or.id, diretas pihak tidak bertanggung jawab pada Rabu 31 Mei 2017. Situs tersebut saat ini sudah tidak bisa diakses lagi.

Pada halaman situs terdapat lambang burung garuda berwarna merah dengan sayap rusak. Latar belakang halaman muka berubah menjadi hitam. Peretas beridentitas M2404, menuliskan pesan panjang:

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku baru tahu bahwa situs resmi Dewan Pers dan Kejaksaan Agung diretas. Menurut dia, bisa jadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close