Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkop Teten: Ini Akan Sangat Membantu bagi UKM-UKM

Sabtu, 10 Oktober 2020 – 14:14 WIB
Menkop Teten: Ini Akan Sangat Membantu bagi UKM-UKM - JPNN.COM
Menkop UKM Teten Masduki. Foto: Humas Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan UKM saat ini menjadi penyangga ekonomi nasional di tengah ketidakpastian dampak pandemi COVID-19.

Teten menyebut, UKM mampu menahan angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

“UMKM itu sudah berkali-kali menghadapi situasi sulit, krisis. Kelebihan dari UKM yang kecil-kecil ini cepat melakukan perubahan. Banting stirnya itu cepat,” ucap Teten dalam webinar Warta Ekonomi bertajuk Kiat Inovasi Kreatif UKM Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19, Belajar Dari Para Survivor dan Master' yang diselenggarakan secara daring, Kamis (8/10).

Teten mengungkap, alasan itulah yang membuat pemerintah mengalokasikan anggaran yang besar dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ada pula program program restrukturisasi pinjaman termasuk memberikan hibah modal kerja bagi yang belum bankable.

“Dari sisi demand pemerintah coba bantu penyerapan lewat belanja kementerian dan lembaga. Kami mendapatkan komitmen dari Kementerian BUMN, capex di bawah Rp14 miliar ini sekarang diperuntukan untuk UMKM,” jelasnya.

Selain itu, Kemenkop UKM telah membuat beberapa program pendampingan, konsultasi, pelatihan, baik secara online atau virtual.

Tujuannya, untuk membantu UKM melakukan adaptasi dan inovasi bisnis dalam merespon perkembangan baru, khususnya dalam hal teknologi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut UKM mampu menahan angka pengangguran dan menekan kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close