Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkop Teten Sebut UMKM Kuliner jadi Andalan Titik Pemulihan Ekonomi Nasional

Minggu, 06 September 2020 – 07:58 WIB
Menkop Teten Sebut UMKM Kuliner jadi Andalan Titik Pemulihan Ekonomi Nasional - JPNN.COM
Menkop UKM Teten Masduki. Foto: Humas Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Teten Masduki mengungkapkan, sektor kuliner yang relatif mampu bertahan dan tidak terpengaruh dengan kondisi pandemi Covid-19, diharapkan menjadi andalan titik peningkatan untuk memulihkan perekonomian nasional.

Meski demikian, kata Teten, UMKM sektor kuliner harus senantiasa mampu memenuhi standarisasi keamanan pangan (food safety).

Dalam hal ini industri kuliner bertanggung jawab untuk menjaga mutu dan keamanan produk pangan.

"UMKM kuliner juga perlu didorong untuk naik kelas," kata Menteri Teten usai Penutupan Program Wirausaha Berbasis Kuliner Sahabat Tuli yang diselenggarakan Perempuan Tangguh Indonesia, Sabtu (5/9).

Salah satu caranya berkolaborasi dengan platform yang telah dikembangkan oleh beberapa komunitas dalam mengembangkan usaha kuliner serta memberikan solusi saat pandemi Covid-19 ini.

"Kami di Kementerian Koperasi dan UKM mendorong dengan program-program yang dibutuhkan terutama di bidang kelembagaan, pembiayaan, SDM, produksi dan pemasaran dan lain-lain," katanya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan yang sama, Teten juga memberikan motivasi kepada para penyandang disabilitas bahwa keterbatasan fisik bukan sebuah halangan untuk maju dan berkembang menjadi wirausaha.

"Saya terharu dan memberikan dukungan pada teman-teman Sahabat Tuli untuk menjadi entrepreneur dan akan saya siapkan modal untuk itu. Kita semua adalah sama, disabilitas bukanlah halangan, apalagi dijaman sekarang kita bisa memanfaatkan IT dan sarana pendukung lainnya," katanya.

Menkop Teten Masduki berjanji kepada para penyandang disabilitas yang berkecimpung di bidang kuliner akan diberikan fasilitas pendukung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close