Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkum HAM: Paspor Indonesia Tercepat di Dunia

Rabu, 30 Desember 2009 – 11:17 WIB
Menkum HAM: Paspor Indonesia Tercepat di Dunia - JPNN.COM
JAKARTA- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), H Patrialis Akbar mengatakan saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara yang tercepat dalam proses pembuatan paspor. "Semula proses penerbitan paspor 7 hari, dengan sistem pelayanan yang mudah, transparan dan tepat waktu menjadi selambat-lambatnya 4 hari. Ini tercepat di dunia," kata Patrialis Akbar, dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2009 & Potret Program 100 Hari Kementerian Hukum dan HAM, di Jakarta, Rabu (30/12).

Khusus paspor bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), lanjutnya, kita tengah mengupayakan program gratis. Untuk merealisasinya Depkum HAM harus bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam membahas petunjuk teknis serta pelaksanaannya.

Selain itu, pengurusan pengesahan Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT) yang semula 1 bulan kini hanya diperlukan waktu 7 hari dan telah berlaku bagi pemohon di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, ungkapnya.

Sedangkan penyelesaian tunggakan berbagai permohonan, Depkum Ham telah mengabulkan permohonan Hak Kekayaan Intelektual masing-masing 1.500 berkas hak cipta, 1.250 berkas Hak Paten dan 1.700 berkas merek. "Dalam kaitan hak kekayaan intelektual ini, khususnya hak cipta bagi seni tradisional agar cepat terlindungi, pendaftarannya dilakukan secara aktif oleh pemerintah melalui Ditjen HKI atas masukan dari Kementerian Budpar atau Pemda," tegas Patrialis Akbar.

JAKARTA- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), H Patrialis Akbar mengatakan saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara yang tercepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA