Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menpar dan Menpora Jumpers Dua Even Sport Toursim Ini

Selasa, 28 Februari 2017 – 18:51 WIB
Menpar dan Menpora Jumpers Dua Even Sport Toursim Ini - JPNN.COM
Triathlon. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menggelar jumpa pers dua even sport tourism Internasional sekaligus yakni Indo MXGP 2017 dan Sungailiat Triathlon 2017 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin 27 Februari 2017.

Melalui sinergi bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Menpar menginginkan sport tourism bisa berkontribusi terhadap peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang mengunjungi Indonesia dan PDB Indonesia.

Dua event Internasional yang digaungkan Kemenpar adalah INDO MXGP Championship yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Even itu akan berlangsung di Pangkal Pinang, Bangka pada 4-5 Maret 2017.

Sementara even yang kedua adalah Sungailiat Triathlon 2017 yang memasuki tahun ke-5 diikuti para atlet mancanegara tersebut akan berlangsung di Kota Sungai Liat, Ibukota Kabupaten Bangka, pada 20-22 April 2017.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama Gubernur Bangka Belitung Rustam Efendi, Walikota Pangkal Pinang Muhamad Firmansyah, Bupati Bangka Belitung Tarmizi, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa dan Presiden Triathlon Indonesia Chaidir Akbar.

Menpar mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menetapkan sektor pariwisata pada 2019 harus dapat memberikan kontribusi pada PDB Nasional sebesar 8 persen, dengan devisa yang dihasilkan Rp 240 triliun.

Pariwisata pada 2019 juga ditargetkan mampu menciptakan lapangan kerja di bidang pariwisata sebanyak 13 juta orang, target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta, dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 275 juta, serta indeks daya saing pariwisata Indonesia berada di ranking 30 dunia.

Untuk itu, imbuh Menpar, pihaknya berharap semua daya tarik wisata yakni 60% persen budaya, 35% nature, dan 5 persen sport tourism yang termasuk Man Made dapat menghasilkan kontribusi yang maksimal dalam mendatangkan Wisman.

"Pendapatan langsung dari sport event ini, Direct revenue 30 persen mulai dari pembelian tiket match day. 50 persen pendapatan tak langsung dari advertising 50 persen dan 20 persen dari komersil paling banyak dari penjualan souvenr. Sehingga Promosi pre-event menjadi sangat penting, dengan perhitungan Pre-On-Post Event nya 50:30:20," Jelas Arief.

 Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menggelar jumpa pers dua even sport tourism Internasional sekaligus yakni Indo MXGP 2017 dan Sungailiat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close