Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menparekraf Apresiasi Terbentuknya MKK di Sejumlah Daerah

Jumat, 15 November 2019 – 09:30 WIB
Menparekraf Apresiasi Terbentuknya MKK di Sejumlah Daerah - JPNN.COM
Ketua Tim MKK Kemenparekraf sekaligus Plt Kepala Biro Komblik Kemenparekraf Guntur Sakti. Foto: Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengapresiasi hadirnya Manajemen Krisis Kepariwisataan (MKK) di sejumlah destinasi. Ada tiga provinsi yang menjadi pilot project pembentukan MKK. Ketiga provinsi itu adalah Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, dan yang terbaru adalah Provinsi Riau, yang pembentukan MKK dilakukan pada Kamis (14/11) lalu.

Menparekraf Wishnutama menilai pembentukan MKK sangat penting lantaran sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat rentan terhadap bencana alam, ataupun gangguan keamanan.

"Semua tentu tidak ingin ada bencana atau gangguan keamanan. Karena dampaknya sangat merugikan. Apalagi buat pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu, dibutuhkan sebuah manajemen untuk mengantisipasi atau memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebelum bencana atau musibah terjadi. Dan itu bisa dilakukan oleh seluruh perangkat pemerintah daerah yang menangani urusan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wishnutama menilai menjaga dan menangani krisis adalah tanggung jawab bersama. Karena itu, pembentukan MKK harus melibatkan stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif diseluruh daerah.

Pariwisata dan ekonomi kreatif sedang kita proyeksikan menjadi penghasil devisa utama untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, untuk itu ekosistem pariwisata yang aman dan nyaman harus kita ciptakan agar target kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tercapai.

Kami berharap, setelah 3 provinsi pilot proyek, MKK juga hadir di semua provinsi dan kabupaten kota sebagai amanah Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 10 Tahun 2019 tentang Manajemen Krisis Kepariwisataan (Permenpar MKK) ujar Wishnutama.

Sementara pembentukan MKK di Provinsi Riau, dikawal langsung Ketua Tim MKK Kemenparekraf sekaligus Plt Kepala Biro Komblik Kemenparekraf Guntur Sakti. "Riau menjadi provinsi ketiga dalam Pilot Project pembentukan MKK. Hal serupa telah kita lakukan di NTB dan Jawa Barat," katanya.

Menurutnya, hal yang penting untuk dilakukan dalam pembentukan MKK adalah memetakan peran stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif dalam penanganan situasi krisis. "Peran stakeholder sangat penting. Sebab, krisis bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, dalam setiap pembentukan MKK pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif harus dipertemukan. Sehingga pembagian peran menjadi jelas ketika krisis terjadi," terangnya.

Menparekraf Wishnutama Kusubiandio mengapresiasi terbentunya MKK di sejumlah daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close