Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menpora RI Dorong Pelibatan Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Sport Science

Rabu, 16 September 2020 – 21:32 WIB
Menpora RI Dorong Pelibatan Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Sport Science - JPNN.COM
Menpora RI Zainudin Amali menerima audiensi Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Solehuddin dan jajarannya di ruang kerjanya, , Kemenpora, Rabu (16/9). Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora RI Zainudin Amali menerima audiensi Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Solehuddin bersama Wakil Rektor Bidang Internasional, Riset, Kerja Sama dan Usaha serta Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga Kesehatan, Agus Rusdiana di ruang kerjanya, Lantai 10, Kemenpora, Rabu (16/9).

Kedatangan Rektor UPI beserta jajarannya dalam rangka mendukung dan sinergi dengan program Kemenpora.

Dalam kesempatan tersebut, Solehuddin menyampaikan selama ini UPI tidak pernah absen untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional. Oleh karena itu, Ia berharap ada program yang bisa disinergikan.

“Terus terang Pak Menteri, selama ini kami (UPI) selalu mendukung program prestasi olahraga nasional maupun internasional. Oleh sebab itu, barangkali ada program yang bisa disinergikan dengan program Kemenpora.Insya Allah, kami punya SDM seperti pelatih dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Agus Rusdiana mengatakan punya pengalaman saat sekolah S2 dan S3 di Jepang terkait sport science.

"Indonesia sport science sudah ada, namun yang menjadi kita lemah adalah teknologi pendukung. Harapan kami sport science ini bisa didukung dengan beberapa pilar keilmuan. Secara keilmuan ada 7 keilmuan fondasi yang mendukung terhadap prestasi olahraga. Kebetulan di UPI ada Sport Medicine, Bio Mekanik, dan juga gizi yang orientasi keolahraga. Jadi itu gambaran sekilasnya terkait sport science dan ini sangat dibutuhkan di era sekarang ini,” ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Menpora menyampaikan memang Sport Science sangat penting untuk pembinaan olaharaga nasional. Oleh sebab itu, Kemenpora harus bekerjasama dengan perguruan tinggi karena laboratorium Sport Science ada di sana.

“Kalau Pak Rektor melihat saat sambutan Presiden Jokowi secara virtual pada puncak Haornas 2020 lalu, saya diberi tugas untuk mereview ekosistem keolahragaan, khususnya pembinaan olahraga kita. Sport Science ini sangat penting untuk bagian yang utama dalam pembinaan olahraga kita. Karena sejak bulan Maret yang lalu, kita berkonsentrasi menyusun grand design olahraga," ucapnya.

Solehuddin menyampaikan selama ini UPI tidak pernah absen untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close