Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menristek Akui Pengembangan Vaksin Nusantara Lebih Maju Dibanding Merah Putih

Kamis, 11 Maret 2021 – 10:37 WIB
Menristek Akui Pengembangan Vaksin Nusantara Lebih Maju Dibanding Merah Putih - JPNN.COM
Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengakui tahapan pengembangan vaksin Nusantara sudah lebih maju dibanding vaksin Merah Putih.

Sebab, vaksin Nusantara sudah masuk tahap uji klinis, sedangkan vaksin Merah Putih masih di tahap hulu atau riset.

"Sudah lebih maju (Vaksin Nusantara, red)," kata Menristek Bambang saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR di Gedung MPR/DPR Jakarta, Rabu (10/3).

Diketahui, vaksin Nusantara diinisiasi oleh mantan Menkes Terawan Agus Putranto. Sedangkan vaksin Merah Putih dikembangkan oleh tim peneliti Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Bambang juga menyatakan pemerintah tidak keberatan sama sekali dengan pengembangan vaksin Nusantara.

Namun, karena tahapannya sudah berbeda dengan vaksin Merah Putih, sehingga kebutuhan anggaran pengembangan vaksin Nusantara berada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kalau dari segi ilmiahnya juga bergantung dari BPOM, untuk bisa menyandingkan vaksin Nusantara dan vaksin Merah Putih,” lanjut mantan kepala Bappenas itu.

Bambang juga menyampaikan bahwa Kemenristek dan Kemenkes sebelumnya sudah bersepakat untuk pembagian tugas dalam penganggarannya.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro menyebut pengembangan vaksin Nusantara lebih maju ketimbang vaksin Merah Putih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close