Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mensos Risma Punya Pesan Khusus untuk Relawan Tagana, Begini Kalimatnya

Senin, 13 September 2021 – 10:14 WIB
Mensos Risma Punya Pesan Khusus untuk Relawan Tagana, Begini Kalimatnya - JPNN.COM
Mensos Risma memberikan pesan kepada seluruh relawan Taruna Siaga Bencana (Tegana) di Kabupaten Pacitan. Foto: dok humas Kemensos.

jpnn.com, PACITAN - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau langsung masyarakat mengadakan kegiatan simulasi untuk menghadapi kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa megathrust.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di wilayah Pelabuhan TPI Tamperan, Kabupaten Pacitan, Sabtu (11/09).

Dalam simulasi tersebut, masyarakat dibuat panik seakan sedang dilanda gempa. Raungan sirene menggema di penjuru wilayah.

Hanya dalam hitungan detik, masyarakat tumpah ruah ke jalanan menyelamatkan diri. Mulai bocah hingga lansia berlomba-lomba menuju ke dataran lebih tinggi.

Kepanikan disebabkan guncangan keras dari gempa megathrust yang timbul karena tumbukan lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

Fenomena tektonik itu berkekuatan 8 skala richter dengan epicenter 300 kilometer Tenggara Pacitan dan kedalaman 19 kilometer.

Selang beberapa saat, gelombang pasang 20 meter menyapu daratan, didahului surutnya air laut.

Di tengah kondisi mencekam, sekelompok orang berseragam biru sibuk mengatur massa dan mengarahkan mereka ke titik evakuasi yang ditentukan.

Mensos Risma yang ikut dalam simulasi evakuasi mandiri tersebut menyampaikan pesan khusus untuk relawan Tagana di Kabupaten Pacitan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close