Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Amran Ajak Senator DPD Kawal Produksi Pertanian Hingga Swasembada

Rabu, 29 November 2023 – 19:01 WIB
Mentan Amran Ajak Senator DPD Kawal Produksi Pertanian Hingga Swasembada - JPNN.COM
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak DPD untuk memperkuat produksi dalam negeri hingga meraih kembali swasembada. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak DPD untuk memperkuat produksi dalam negeri hingga meraih kembali swasembada melalui pengoptimalan lahan rawa dan lahan suboptimal di seluruh Indonesia.

Langkah itu dianggap penting karena bisa memperkuat ketersediaan pangan serta menekan kebijakan impor, bahkan Indonesia mampu mencapai swasembada pada tahun yang akan datang.

"Seharusnya kami sudah ekspor karena di masa pemerintahan Pak Jokowi tiga kali swasembada. Nah, hari ini kami berkomitmen akan melanjutkan capaian tersebut karena kami sudah memiliki program jangka panjang. Kami bahkan sudah punya peta jalan pertanian untuk masa depan," ujar Mentan Amran dalam rapat kerja bersama DPD RI di Gedung Parlemen, Rabu (29/11).

Mentan Amran mengaku sudah menyiapkan teknologi mekanisasi dan bantuan sarana prasarana produksi lainya yang dapat menunjang generasi muda menjadi pelaku utama pembangunan pertanian masa depan yang jauh lebih cemerlang dan gemilang.

"Jadi, 60 persen generasi milenial ini harus terlibat secara langsung. Syaratnya adalah beri mereka ruang untuk untung dengan menggunakan teknologi digital," katanya.

Secara khusus, Mentan meminta dukungan DPD RI untuk menjadikan sektor pertanian sebagai kekuatan utama bangsa indonesia.

Baginya, DPD adalah mitra strategis karena memiliki konstituen dan aspirasi nyata dari para petani di seluruh daerah.

"Kami mengucapkan terima kasih ke Komite II DPD dan ini luar biasa supportnya kepada semua di sektor pertanian. Sekarang kami sedang mengantisipasi terjadinya El Nino yang cukup panjang dengan melakukan tanam cepat upaya khusus. Insyaallah semua berjalan baik," katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak DPD untuk memperkuat produksi dalam negeri hingga meraih kembali swasembada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close