Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Dorong Pemerintah Daerah Sukseskan Genta Organik

Selasa, 13 Desember 2022 – 11:06 WIB
Mentan Dorong Pemerintah Daerah Sukseskan Genta Organik - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di acara launching Training of Trainers (ToT) Genta Organik bagi Widyaiswara, Dosen, Guru, dan Penyuluh Pertanian di Pusat Pelatuhan Manajemen dan Kepemimpinan (PPMKP) Ciawi, Bogor, Jumat (9/12). Foto: Dok. Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong pemerintah daerah untuk ikut gotong royong menyukseskan Gerakan Tani Pro Organik (Genta Organik) dalam rangka mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia.

Hal itu disampaikan Mentan Syahrul seusai melaunching Training of Trainers (ToT) Genta Organik bagi Widyaiswara, Dosen, Guru, dan Penyuluh Pertanian di Pusat Pelatuhan Manajemen dan Kepemimpinan (PPMKP) Ciawi, Bogor, Jumat (9/12).

"Kami harapkan kepada gubernur, bupati, wali kota, dan kepala dinasnya untuk turun tangan secara maksimal. Karena gerakan ini tidak akan berhasil tanpa kebersamaan," kata mantan gubernur Sulawesi Selatan itu.

SYL -sapaan akrab Mentan Syahrul- berharap ToT Genta Organik yang dihadiri belasan ribu orang dari seluruh pelukan tanah air ini akan menjadi energi baru dalam menghadapi tantangan pertanian ke depannya, utamanya terkait dengan pupuk.

"ToT ini tidak lain untuk mengingatkan bahwa menjaga kesuburan tanah itu sangat penting. Oleh karena itu, menjaga tanah dan kesuburannya menjadi kewajiban petani dan kewajiban kita mentraining seluruh masyarakat tani, termasuk pemerintah daerah," tutur SYL.

"Kalau tanaman tidak diurus, tak diajak bicara dengan pupuk organik maka dia kseburuannya akan turun. Kalau kesuburan turun tentu mikroba yang ada surut. Kalau mikroab turun produksinya tidak akan berhasil," ujarnya.

Menurut SYL, salah satu cara memperbaiki kesuburan tanah adalah mengurangi penggunaan pupuk kimia dan meningkatkan penggunaan pupuk organik. Dengan demikian, produksi pertanian bisa ditingkatkan dan pencemaran lingkungan bisa ditekan.

"Jangan pakai pupuk kimia saja, tetapi lebih banyak pupuk organik. Kimia masih mungkin dibutuhkan karena ini berskala ekonomi kan dan beberapa varietas membutuhkan, tetapi kita dahului dengan memberi makan dengan nutrisi dengan organik," ucap SYL.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mendorong pemda ikut gotong royong menyukseskan Genta Organik dalam rangka mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close