Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL Apresiasi Antusiasme Petani Manggarai Timur Jalani SL IPDMIP

Senin, 27 Juli 2020 – 18:07 WIB
Mentan SYL Apresiasi Antusiasme Petani Manggarai Timur Jalani SL IPDMIP - JPNN.COM
Suasana kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP di Manggarai Timur, NTT. Foto: dok pri SL IPDMIP

jpnn.com, MANGGARAI TIMUR - Program Sekolah Lapangan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, disambut para petani dengan antusias.

Buktinya, kegiatan Sekolah Lapang di Manggarai Timur sudah memasuki pertemuan keenam.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, IPDMIP akan memberikan dampak positif buat petani.

“Tujuan dari proyek IPDMIP adalah meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan petani. Khususnya yang berada di sekitar Daerah Irigasi (DI). Makanya petani harus menyerap banyak ilmu dari kegiatan ini untuk meningkatkan produksi,” tutur Mentan SYL, Senin (27/07/2020).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.

“IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi. Baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi, maupun kewenangan kabupaten. IPDMIP berupaya mewujudkan agro industri dan ketahanan pangan sebagai wujud kontribusi sektor pertanian bagi ketahanan nasional,” tuturnya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, IPDMIP dilaksanakan secara terintegrasi lintas sektor, melibatkan Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, KementerianPertanian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan.

“Lintas sektor ini bekerja sama dengan masyarakat petani dan semua pihak yang terkait baik di dalam dan sekitar daerah Irigasi dengan mengedepankan partisipasi stakeholders, dan dimaksudkan untuk mengembangkan inovasi yang didasarkan atas kebutuhan lapangan,” jelasnya.

Program Sekolah Lapangan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, disambut para petani dengan antusias.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close