Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL Dampingi Presiden Jokowi Saat Tinjau Food Estate di Kapuas

Kamis, 09 Juli 2020 – 17:27 WIB
Mentan SYL Dampingi Presiden Jokowi Saat Tinjau Food Estate di Kapuas - JPNN.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden Jokowi meninjau lokasi lahan rawa pengembangan food estate dan saluran primer induk UPT A5, Kamis (9/7/20) di Desa Bentuk Jaya, Dadahup, Kabupaten Kapuas. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, KAPUAS - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung titik-titik lokasi lahan rawa pengembangan food estate atau lumbung pangan dan saluran primer induk UPT A5 hari ini, Kamis (9/7/20) di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Turut hadir juga menteri yang mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Hadir juga Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin

Dalam peninjauan ini, Jokowi juga secara langsung juga mendapat penjelasan dari Mentan SYL dan Menteri PUPR Basuki terkait  lahan yang akan dikerjakan sebagai proyek pangan nasional itu.

Peninjauan sebagai langkah awal dalam proses pengembangan lahan rawa ini dilakukan pemerintah dalam mempercepat upaya untuk mengantisipasi Indonesia dari ancaman krisis pangan, seperti diperingatkan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO).

Program pengembangan food estate seluas 165 ribu hektare (ha) akan melibatkan beberapa Kementerian mulai dari Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Desa PDTT.

Sebelumnya, Mentan SYL mengatakan optimalisasi pengembangan lahan rawa ini yang menjadi salah satu terobosan yang tengah fokus dilakukan untuk meningkatkan atau mengamankan ketersediaan beras dalam negeri sehingga kebutuhan dapat dipenuhi secara mandiri.

"Presiden Jokowi menginstruksikan kepada saya untuk mempersiapkan Provinsi Kalimantan Tengah menjadi lumbung pangan. Dengan potensi lahan rawa yang kini dapat menjadi lahan pertanian produktif, kita yakin membangun lumbung pangan di Kalimantan Tengah ini," kata Syahrul.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung lokasi lahan rawa pengembangan food estate dan saluran primer induk UPT A5.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close