Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL Kawal Panen Raya Padi dan Serap Gabah di Sumsel

Sabtu, 03 April 2021 – 16:26 WIB
Mentan SYL Kawal Panen Raya Padi dan Serap Gabah di Sumsel - JPNN.COM
Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, OKU TIMUR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mengawal panen raya padi dan gerakan serap gabah petani di sejumlah wilayah di Indonesia. Kali ini, di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Upaya itu dilakukan mengoptimalkan hasil panen untuk menjamin stok beras nasional dan menstabilkan harga gabah atau beras petani saat musim panen raya.

"Pertanian menjadi jawaban dari aktivitas-aktivitas pemerintah yang secara kasatmata meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Syahrul saat panen raya padi dan gerakan serap gabah di Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sabtu (3/4).

Dalam rangka mendukung langkah tersebut, Kementan mendorong semua stakeholder yakni Bulog, PT. RNI, dan penggilingan serta pihak swasta untuk menyerap gabah petani dengan harga sesuai HPP (harga pembelian pemerintah).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu menjelaskan upaya pemerintah tidak hanya sampai pada tahap peningkatan produksi tetapi meningkatkan penanganan pascapanen.

Di antaranya, dryer dan Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan sehingga beras yang dihasilkan petani berkualitas tinggi dan mudah diserap dengan harga yang memberikan keuntungan.

Dengan demikian, secara bertahap, pemerintah meningkatkan kesejahteraan petani dan sektor pertanian makin terdepan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Sesuai arahan Presiden Jokowi, tidak hanya budidaya yang didorong, tetapi pascapanennya, salah satunya kualitas RMU sehingga beras yang dihasilkan berkualitas dan harganya tidak di luar HPP," kata Syahrul.

Mentan SYL mentakan, pertanian menjadi jawaban dari aktivitas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close