Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Mentan SYL: Perkuat Badan Karantina Pertanian untuk Menghadapi Tantangan Global

Minggu, 18 Oktober 2020 – 20:08 WIB
Mentan SYL: Perkuat Badan Karantina Pertanian untuk Menghadapi Tantangan Global - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai memimpin apel di Balai Uji Terap Teknik Metode Karantina Pertanian Bekasi, Minggu (18/10). Foto: Humas Kementan RI.

jpnn.com, BEKASI - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meminta jajaran Badan Karantina Pertanian (Barantan) terus beradaptasi dengan perkembangan kekarantinaan dan perdagangan global yang terus bergerak dinamis.

Menurut Mentan SYL, hingga saat ini Barantan telah mampu membuktikan diri sebagai benteng terdepan pertanian Indonesia, dalam menjaga dan melindungi kelestarian sumber daya alam hayati untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

 

Selain itu, kata Mentan SYL, peringatan Hari Karantina Pertanian ke-143 juga menjadi momentum pemberlakuan kekarantinaan yang baru melalui Undang-undang Nomor 21 tahun 2019.

"Ini menjadi tonggak bagi reformasi Badan Karantina Pertanian dalam beradaptasi terhadap perkembangan zaman," kata Mentan Syahrul saat memimpin apel di Balai Uji Terap Teknik Metode Karantina Pertanian Bekasi, Minggu (18/10).

 

Seiring berjalannya UU tersebut, maka tugas penyelenggaraan kekarantinaan akan semakin berkembang. Selain itu, jajaran Barantan sebagai economic stools dan Border protection juga harus semakin dipertegas.

Mentan SYL berpesan agar Barantan membangun sinergitas yang baik dengan entitas lainnya. "Kerja sama dengan TNI, Polri, dan Bea Cukai harus mampu menjadi sebuah kekuatan dalam memperkuat pemeriksaan sistem logistik," katanya.

loading...