Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan SYL & Wamendag Lepas Bawang Merah ke Jakarta, Sebegini Jumlahnya, Wow

Minggu, 05 Maret 2023 – 20:44 WIB
Mentan SYL & Wamendag Lepas Bawang Merah ke Jakarta, Sebegini Jumlahnya, Wow - JPNN.COM
Mentan SYL bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melakukan panen raya sekaligus pelepasan bawang merah ke DKI Jakarta. Foto: dok Kementan

jpnn.com, BREBES - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melakukan panen raya sekaligus pelepasan bawang merah di Kabupaten Brebes sebanyak 25 truk atau 175 ton ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

Panen dan pelepasan itu untuk memastikan produksi dan ketersediaan bawang merah menjelang Ramadan hingga Lebaran aman sekaligus upaya menstabilkan harga.

Mentan SYL mengatakan ketersediaan bawang merah itu merupakan perintah Presiden Jokow Widodo (Jokowi) untuk memastikan ketersediaan pangan menghadapi Ramadan hingga Lebaran.

"Hari ini kami sama-sama mengirim bawang merah dari Brebes ke DKI Jakarta sebanyak 25 truk. Hari ini panen bersama Wamendag dan besok akan diterima Gubernur DKI Jakarta," kata dia pada acara panen bawang merah t di Desa Krasak, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Minggu (5/3).

Data BPS menunjukkan luas panen dan produksi bawang merah nasional semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 2018, luas panenya sebesar 156.779 ha dengan produksi 1,50 juta ton, 2019 seluas 159.195 ha dengan produksi 1,58 juta ton, 2020 seluas 186.900 ha dengan produksi 1,82 juta ton, 2021 seluas 194.575 ha dengan produksi 2,0 juta ton, dan 2022 seluas 185.051 dengan produksi 1,99 juta ton.

"Produksi bawang merah masih terkonsentrasi di beberapa daerah seperti Brebes, Nganjuk, Bima, Enrekang, Solok, Garut dan sentra-sentra lainnya. Di sinilah pentingnya sinergi dan kolaborasi dari berbagai stakeholder terkait," tutur dia.

Lebih lanjut, Mentan SYL mengatakan Kementan mempunyai mitra taktis dan strategis sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi nasional, yakni petani Champion.

Champion itu adalah orang-orang terpilih yang mampu mengkonsolidasikan segenap sumber daya untuk mendukung upaya pemerintah.

Mentan SYL bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melakukan panen raya sekaligus pelepasan bawang merah ke DKI Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close