Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Agama Manfaatkan Kedekatan Jokowi dengan Raja Salman

Rabu, 22 Januari 2020 – 14:41 WIB
Menteri Agama Manfaatkan Kedekatan Jokowi dengan Raja Salman - JPNN.COM
Menteri Agama Fachrul Razi di Istana Negara. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan melobi Pemerintah Arab Saudi agar mau menambah jemaah haji Indonesia tahun ini. Hal itu disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (22/1).

"Soal haji, dan saya juga minta bantuan beliau (Jokowi)," kata Fachrul.

Mantan Wakil Panglima TNI itu mengatakan, penambahan kuota haji merupakan kewenangan OKI. OKI telah menentukan Indonesia mendapat kuota 221 ribu jemaah.

Namun demikian, kata Fahrul, pemerintah bisa saja melakukan pendekatan dan mengajukan penambahan 10 ribu jemaah untuk tahun ini kepada pemerintah Arab Saudi. Penambahan itu di luar kuota yang ditetapkan OKI yakni 210 ribu.

"Dia (pihak Saudi) bilang boleh, tetapi ajukan saja secara formal. Bukan tambahan kuota tetapi menjadi tambahan jemaah," kata dia.

Karena Presiden Jokowi dekat dengan Raja Saudi, ia mengaku meminta bantuan agar Jokowi membantu mem-backupnya. "Mudah-mudahan. Ya akan komunikasikan dengan Raja Saudi," katanya. (fat/jpnn)

Menurut Fachrul, karena Presiden Jokowi dekat dengan Raja Salman, ia meminta bantuannya untuk membackup permohonannya itu.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close