Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri Amran Perintahkan Investor Berdayakan Tenaga Lokal

Selasa, 03 Oktober 2017 – 06:34 WIB
Menteri Amran Perintahkan Investor Berdayakan Tenaga Lokal - JPNN.COM
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, KENDARI - Menteri Pertanian Amran Sulaiman memerintahkan investor pabrik gula untuk memberdayakan tenaga kerja lokal. Perintah ini menjadi salah satu klausul pembangunan 10 pabrik gula yang saat ini tengah diprogramkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

“Kami minta prioritaskan tenaga kerja lokal Sulawesi Tenggara. Kecuali tenaga kerja khusus. Bukan syarat, tapi aku perintahkan. Jangan disyaratkan,” kata Mentan Amran usai menghadiri pengukuhan guru besar di Auditorium Mokodompit, Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (2/10).

Lihat: Genjot Swasembada Gula, 10 Pabrik Dibangun

Amran memastikan, setiap pembangunan pabrik gula dengan kapasitas 10 ribu TCD (ton cane per day) dan nilai investasi Rp 4 triliun akan menyerap tenaga kerja sebanyak 10 ribu. Lahan yang sudah disiapkan sekira 30 ribu hektare.

Dari rencana 10 pembangunan pabrik gula, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara menjadi daerah yang keenam. Sebelumnya ada di Dompu (Nusa Tenggara Barat), dua pabrik di Jawa Timur dan Lampung. Satu lagi pabrik yang siap melakukan penggilingan adalah di Kabupaten Ogan Kemiring Ilir, Sumatera Selatan.

Bahkan, Mentan Amran berencana untuk membangun satu lagi pabrik gula di Sultra yang lokasinya di Konawe Selatan.

“Lokasinya di Bombana, kalau bisa di Konawe Selatan,” tegas Menteri Amran.

Menteri Amran pun berharap agar iklim investasi di Sultra tetap dijaga demi suksesnya pembangunan pabrik gula di Sultra. Dia mengungkapkan, salah satu yang menghambat pembangunan dan membuat investor mengurungkan niat menanamkan modalnya adalah kegiatan demonstrasi.

Dari rencana 10 pembangunan pabrik gula, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara menjadi daerah yang keenam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close